Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

TEMU TEKNIS ARSIPARIS DI BALI: PENGELOLAN ARSIP DENGAN METODE RENCANA KERJA KONTROL

BBPSIK Jogja – Pengelolaan arsip dengan metode rencana kerja kontrol sangat penting, karena semuanya harus terencana dengan matang, dilakukan sungguh-sungguh dan terkontrol serta terukur. Hal ini disampaikan oleh Astoto Nugroho, Arsiparis BBPSIK sebagai narasumber kegiatan Temu Teknis Arsiparis Kementerian LHK pada 31 Juli – 2 Agustus 2024 lalu di Swissbel-Hotel, Tuban Bali.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Biro Umum selaku pembina kegiatan kearsipan di KLHK. Temu Teknis dilaksanakan dengan mengundang beberapa narasumber baik dari akademisi, pejabat maupun praktisi kearsipan.

Astoto mendapat kesempatan untuk menyampaikan dan memaparkan pengalaman sebagai arsiparis di KLHK. Astoto dinilai pantas menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut atas deretan prestasi yang telah diraih diantaranya: menjadi Arsiparis Teladan Nasional 2016 kategori Keterampilan, Arsiparis Teladan KLHK tahun 2016, 2017, 2019, 2021, 2023, menjadi Delegasi G7 perwakilan KLHK di Jepang tahun 2017, peraih AAI Award 2018 kategori Pencetus/Penggagas/Perancang Profesi Arsiparis dan Keteladanan Nasional Profesi Arsiparis, dan menyandang sebagai Pegawai dengan predikat kinerja “Luar Biasa Baik” KLHK tahun 2019 juga beberapa capaian lain sebagai Arsiparis.

Dalam kegiatan tersebut, Astoto menyampaikan kebanggaannya menjadi Arsiparis. Fungsional Arsiparis di manapun ditempatkan pasti tetap bisa bekerja, karena secara prinsip, arsip akan selalu tercipta di setiap kegiatan organisasi baik di unit teknis maupun di unit administratif baik secara konvensional maupun secara digital.

Selain itu dalam temu teknis yang bertema “Optimalisasi Peran Arsiparis Selaku Penyedia Informasi Layanan Publik”, Astoto juga menekankan pentingnya meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri sebagai arsiparis agar bisa mengimbangi perubahan teknologi informasi di dunia kearsipan.

Kegiatan ditutup dengan diskusi dalam Forum Arsiparis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (FALHK), dalam kesempatan ini Astoto menjadi salah satu wakil pengurus FALHK bidang Kajian dan Standarisasi Kearsipan.

Kontributor       : Astoto N.

Penyaji             : Endang DL

Editor               : Rinto H.

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *