Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

RAKOR PRINAS 2024 DI KHDTK BLOK PLAYEN GUNUNGKIDUL

BBPSIK Jogja – Jumat, 20 September 2024 telah dilaksanakan rapat koordinasi yang diselenggarakan secara hybrid bertempat di Ruang Cendana BBPSIK Yogyakarta. Hadir secara virtual Kepala Bidang PPKSI PSIKLH dan Ketua Tim Kerja Perencanaan Program dan Anggaran PEHKT Sekretariat BSILHK. Secara faktual hadir Kabid PVMVPKSI, Tim Kerja Rencana Program BBPSIK, Tim Kerja Rencana Anggaran BBPSIK, Tim Kerja Validasi Standar Pemanfaatan Hasil Hutan Minyak Atsiri di KHDTK Blok Playen Gunungkidul (PRINAS) dan Tim Kerja Pengelolaan KHDTK Blok Playen Gunungkidul. Rapat koordinasi dilaksanakan dalam rangka percepatan pelaksanaan Kegiatan Prioritas Nasional 2024 Validasi Standar Pemanfaatan Hasil Hutan Minyak Atsiri di KHDTK Blok Playen Gunungkidul.

Khuswantoro Akhadi, S.Hut.,M.A.P, Kabid PVMVPKSI BBPSIK Yogyakarta yang membuka acara rapat tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Prinas di KHDTK Playen semangatnya adalah untuk peningkatan pendapatan masyarakat sekitar KHDTK dan Pendapatan Negara melalui PNBP. “Upgrade sarpras KHDTK Playen yang sudah dilaksanakan pada kegiatan Prinas diantaranya berupa pengadaan jaringan air dan pengadaan jaringan listrik, diharapkan akan sangat mendukung keberlanjutan kegiatan-kegiatan di KHDTK Playen, seperti pengembangan pengelolaan rumah penyulingan atsiri yang sudah dibangun pada tahun ini”, lanjut Kabid PVMVPKSI.

Ketua Tim Kerja Kegiatan Prioritas Nasional Validasi Standar Pemanfaatan Hasil Hutan Minyak Atsiri di KHDTK Blok Playen Gunungkidul, Diro Eko Pramono, S.Hut.T, dalam paparannya menyampaikan progres kegiatan yang sudah dilaksanakan sampai dengan pertengahan September 2024 diantaranya meliputi: Penanaman akar wangi sebanyak 10.000 bibit, Inventarisasi potensi HHBK penghasil atsiri, Uji banding ke Rumah Atsiri Indonesia, Pengadaan jaringan listrik, Pengadaan jaringan air, Registrasi 2 (dua) KTH, Pembangunan rumah penyulingan, Pengadaan alat penyulingan, Setting dan pengujian alat penyulingan, dan Peresmian rumah penyulingan.

Yadi Mulyadi, S.Mn, Ketua Tim Kerja Perencanaan Program dan Anggaran PEHKT SetBSILHK mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan Tim Prinas di KHDTK Playen sudah on the track , potensi ekonomi KHDTK Playen sudah ada, berupa HHBK penghasil minyak atsiri dan rumah penyulingan atsiri.  “Perlu dipikirkan aspek pemasarannya, agar potensi yang sudah ada tersebut lebih meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar KHDTK maupun menyumbang pendapatan bagi negara”, lanjut Beliau.

Kepala Bidang PPKSI PSIKLH, Dr. Ir. Hernita Wahyuni, M.Si menyampaikan bahwa Tim PSIKLH siap untuk ikut berperan pada kegiatan Prinas ini, terutama dalam merumuskan saran rekomendasi penyempurnaan standar terkait pemanfaatan hasil hutan minyak atsiri.

Pada akhir acara, Kabid PVMVPSI BBPSIK menyampaikan terima kasih kepada Ketua Tim Kerja Perencanaan Program dan Anggaran PEHKT SetBSILHK dan Kepala Bidang PPKSI PSIKLH yang telah berdiskusi dengan Tim BBPSIK dan banyak memberikan masukan yang positif untuk kelanjutan pelaksanaan kegiatan Prinas di KHDTK Playen Gunungkidul.

Kontributor       : Diro EP.

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@menlhk.go.id

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *