Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PERTIKAWAN (SAKA WANABAKTI DAN SAKA KALPATARU) TINGKAT II NASIONAL TAHUN 2024

BBPSIK Jogja – BBPSIK ikut serta mensukseskan kegiatan pertikawan dengan mengampu serta mengirimkan Perwakilan Kwarda DIY sebanyak 3 peserta terdiri dari 2 Peserta Saka Wanabakti dan 1 peserta Pamong saka. KWARDA DIY mengirimkan Keseluruhan jumlah peserta pertikawan sebanyak 26 peserta terdiri dari 20 peserta Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru, 1 Pinkonda, 1 Bindamping dan 4 Visitor/ Pamong Saka ke Buperta Cibubur, Cipayung, Jakarta Timur.

Pembukaan Pertikawan Tingkat II Nasional di Buperta (Bumi Perkemahan dan Graha Wisata) Cibubur, Cipayung, Jakarta Timur resmi dibuka oleh Menteri KLHK (Prof. Siti Nurbaya) pada Senin, 23 September 2024).

Pertikawan Tingkat II Nasional mengusung Tema “Mensukseskan FOLU Ner Sink 2030 menuju Indonesia Hijau”. Tema ini mengandung pesan penting terkait komitmen Indonesia dalam menjaga lingkungan, khususnya dalam sektor kehutanan dan taga guna lahan.

Menyukseskan FOLU Net Sink 2030 merujuk pada upaya kolektif untuk mencapai target net sink (penyerapan karbon lebih besar dari emisi) di sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya pada tahun 2030.

Upaya ini melibatkan pengurangan deforestasi, restorasi hutan dan lahan kritis, serta pengelolaan hutan secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sektor ini menjadi penyerap karbon, membantu mengurangi dampak perubahan iklim.

Menteri KLHK menyampaikan pertikawan Nasional merupakan Wadah dan Wahana yang cukup ampuh dalam dalam membentuk karakter, meningkatkan pengetahuan, dan memperkuat komitmen anggota dalam mengembangkan solusi-solusi inovatif yang ramah lingkungan.

“Dari sini semua dapat menerapkan apa yang dipelajari selama kegiatan ini di kehidupan sehari-hari serta menjadi teladan bagi teman-teman dan masyarakat di sekitar tempat tinggal dalam kehidupan keseharian,” ujar Menteri Siti dalam amanatnya saat menjadi Pembina Upacara Pembukaan Pertikawan Nasional ke II Tahun 2024.

KLHK pun telah menyiapkan arah kebijakan dalam rangka pengembangan generasi yang berbudaya lingkungan, antara lain melalui penyiapan grand design pengembangan kompetensi SDM KLHK, serta penyelenggaraan serangkaian pendidikan dan latihan bagi generasi muda, termasuk melalui Gerakan Pramuka.

 

Kontributor       : Miyanto

Penyaji             : RH

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@menlhk.go.id

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *