Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

FOTO ITU SENI, DAN UNTUK MENGCAPTURE PROSES STANDAR, BBPSIK ADAKAN PELATIHAN

BBPSIK Jogja – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai dalam pengumpulan data lapangan guna mendukung tugas dan fungsi Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) dalam melakukan validasi standar maka diselenggarakan Pelatihan Pengambilan Data Visual Lapangan dengan Videografi dan Editing Pembuatan Video Liputan Kondisi Lapangan untuk mendukung kegiatan validasi. Pelatihan diadakan selama dua hari (20 s/d 21/08/24) secara online dan onsite. Hadir dan membuka pelatihan Kepala BBPSIK Dwi Prabowo Yuga Suseno, S.Si., M.Sc., Ph.D.

Dalam sambutannya Bapak Bowo biasa disapa menyampaikan bahwa idealnya teman-teman di Balai Penerap Standar Instrumen LHK lingkup BSI seluruh Indonesia memiliki pengetahuan yang lebih luas dan mumpuni guna dapat memberikan masukan-masukan, perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan dalam konteks standar. Walaupun memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda maka diharapkan dengan kegiatan pelatihan kali ini dapat sedikit menyamakan level pengetahuannya.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Ika Asti Astuti, M.Kom dan Dhimas Adi Satria, M.Kom. Kedua narasumber merupakan dosen dari Universitas AMIKOM Yogyakarta. Pada hari pertama, Bapak Dhimas menyampaikan paparan mengenai dokumentasi visual yang termasuk di dalamnya adalah foto dan video. “Foto dan video itu akan saling melengkapi dimana kalau hanya salah satu akan terasa kurang,” ujarnya.

Lebih lanjut Bapak Dhimas memaparkan tentang keunggulan dari foto dimana foto bisa memiliki ukuran file lebih kecil, ukuran bisa diperbesar dan tidak mudah pecah dan proses pembuatannya akan lebih mudah namun kekurangannya yaitu informasinya terkadang kurang lengkap. Sedangkan untuk video, informasi yang didapatkan lebih lengkap (visual, text, suara, animasi), banyak sosial memdia yang mengadaptasi video namun untuk proses pembuatan video ini akan lebih rumit.

Selain menjelaskan dalam bentuk materi, beliau juga berkenan membagi sedikit tip dan triknya dalam dunia multimedia seperti sebelum kita membuat foto/video lebih baik kita harus mengenali perangkat terlebih dahulu, upgrade dulu skillnya baru kemudian upgrade perangkatnya. Minimal paham fungsinya untuk apa perangkat yang kita miliki karena semua perangkat memiliki batasan, dan tergantung konteks apa yang kita butuhkan.

Selain itu kita juga perlu mengatur settingan di dalam kamera kita dan settingan di luar seperti contohnya cahaya. Dalam mengunakan mode foto ada baiknya menggunakan aspek rasio 3:4 sedangkan untuk video 16:9.

Dalam membuat foto atau video maka langkah pertama yaitu kita harus mengetahui momen, di lokasi maka kita harus mengetahui komposisi gambar (bisa diciptakan maupun dapat menggunakan yang sudah ada di lapangan).

Diakhir sesi hari pertama, para peserta di bagi dalam tiga kelompok untuk melakukan persiapan melakukan studi lapangan keesokan hari di GLZoo. Penanggung jawab dari masing-masing kelompok antara lain Lukman Hakim, S.Hut., M.P dengan tema kesehatan satwa, Diro Eko Pramono, S.Hut.T dengan tema pengelolaan sampah dan limbah domestik, serta Nur Hidayati, S.Hut., M.Sc dengan tema pengelolaan limbah gajah. Para peserta yang terdiri dari Balai Penerap Standar Instrumen LHK lingkup BSI seluruh Indonesia dibagi dalam ketiga kelompok tersebut.

Keseruan berlanjut pada hari kedua untuk pengambilan materi data berupa video/foto. Para peserta yang sudah dibagi dalam tiga kelompok membuat shootlist dan melakukan pengambilan materi berdasarkan shootlist tersebut ditemani oleh pendamping dari GLZoo.

Setelah semua data diperoleh maka selanjutnya Ibu Asti mengarahkan para peserta dalam kelompok-kelompok tersebut guna melakukan proses editing. Walau terasa letih, para peserta masih antusias mengolah video guna menjadi sebuah video pedoman standar

Penyaji : Uki Maharani Pamukti

Editor   : Rinto Hidayat

Lihat juga versi medsos: Pelatihan Videografi BBPSIK 2024

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *