Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

Araucaria cuninghamii, SI ANAK RANTAU DARI PAPUA: POTENSI DAN PENGEMBANGANNYA DI KHDTK SUMBERWRINGIN

BBPSIK Jogja – Jenis Araucaria cuninghamii merupakan salah satu jenis tanaman berasal dari Tanah Papua dan menjadi anak rantau di KHDTK Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso. Jenis ini telah eksis selama 22 tahun, dengan persentase hidup diatas 80% sejak awal proses penanamannya untuk berbagai tujuan pada tahun 2002. Koleksi jenis ini di KHDTK Sumberwringin melingkupi luasan 1,07 Ha dan 1,08 Ha untuk kebun benih klon dan uji keturunan. Selain itu, terdapat pula petak uji keturunan dengan tahun tanam yang lebih muda yaitu tahun 2007 seluas 1 Ha.

Terjadinya transformasi organisasi merubah konsep tujuan pemanfaatan koleksi tanaman ini dari obyek penelitian menjadi jasa wisata. Karakteristik tegakan yang memiliki batang tunggal dengan percabangan horizontal yang tersusun rapi memberikan sensasi hutan seperti visualisasi dalam film Twilight yang diputar di bioskop pada tahun 2008.  Fenomena ini berpotensi untuk dijadikan sebagai salah satu atraksi wisata di KHDTK Sumberwringin.

Pada 29 Juli – 2 Agustus 2024 tim BBPSIK melakukan inventarisasi terutama untuk tegakan Araucaria di KHDTK Sumberwringin. Kegiatan ini untuk mendukung pengelolaan KHDTK dalam memenuhi klausa dalam SNI 8513-2018 tentang pengelolaan KHDTK, yang salah satu kriterianya adalah terpeliharanya sumber daya kawasan. Lebih jauh hasil inventarisasi ini juga dapat digunakan untuk kepentingan lainnya termasuk dalam pengembangannya sebagai atraksi wisata.

Tim inventarisasi berhasil mengumpulkan informasi tegakan Araucaria dari 19 petak di KHDTK Sumberwringin.  Secara singkat data yang dihasilkan adalah:

  1. Araucaria cunninghamii Tahun tanam 2007 sebanyak 900 tegakan dengan tinggi rata-rata 13,66m dan diameter rata-rata 23,66cm.
  2. Araucaria cunninghamii tahun tanam 2002 sebanyak 492 tegakan dengan tinggi rata-rata 14,65m dan diameter rata-rata 31,00cm.
  3. Araucaria cunninghamii Plot konservasi sebanyak 411 tegakan dengan tinggi rata-rata 12,35m dan diameter rata-rata 22,54cm.

Banyaknya jumlah tegakan Araucaria dengan tutupan tajuk yang tumpang tindih menciptakan suasana teduh dan sejuk sehingga berpotensi untuk dikembangkan sebagai atraksi wisata. Bentuk pemanfaatan wisata di bawah tegakan Araucaria antara lain: camping, penjelajahan hutan dan sebagainya. Ditambah lokasi tegakan Araucaria ini berada di KHDTK yang sama tempat bernaungnya Pohon Pelangi yang menambah keberagaman spot sebagai objek wisata.

 

Kontributor       : Peri Mandala Putra, Maryatul Qiptiyah, Arif Setiawan, Setiyo Budi, dan Sri Wahyuni

Penyaji             : RH

 

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *