Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

KUNJUNGAN TIM POKJA PROGRAM DAN ANGGARAN BSILHK KE KHDTK PLAYEN GUNUNG KIDUL

BBPSIK Jogja – Bertempat di KHDTK Playen Kabupaten Gunung Kidul, Kepala BBPSIK beserta Ketua Tim Kerja Kegiatan Prinas, Ketua Tim kerja Kegiatan Swakelola Penanaman RHL. Ketua Tim Kerja Rencana Anggaran dan Tim Kerja Rencana Program BBPSIK mendampingi kunjungan lapangan Ketua Tim Pokja Program dan Anggaran BSILHK beserta tim dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan Prinas tahun 2024 dengan judul Validasi Standar Pemanfaatan Hasil Hutan Minyak Atsiri di KHDTK Blok Playen Gunung Kidul, Rabu 31 Juli 2024.

Koordinasi kegiatan di lapangan dilaksanakan dalam rangka melihat progres pelaksanaan kegiatan Prinas Tahun 2024. Ketua Tim Kerja Kegiatan Prinas menyampaikan bahwa sampai dengan akhir Juli 2024 sudah dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya:  penanaman akar wangi sebanyak 10.000 bibit, pemasangan jaringan listrik ke KHDTK Blok Playen, pengadaan jaringan air, pengadaan alat suling dan pembangunan rumah penyulingan atsiri di KHDTK Blok Playen.

Rumah penyulingan atsiri direncanakan akan diresmikan oleh Kepala BSILHK pada akhir Agustus 2024. Lokasi pembangunan rumah penyulingan berdekatan dengan pondok kerja KHDTK Blok Playen. Bahan baku untuk penyulingan minyak atsiri tahun 2024 berupa kayu putih dan sereh wangi yang merupakan koleksi tanaman eksisting yang sudah siap panen.

Untuk penyiapan bahan baku penyulingan pada tahun-tahun mendatang disiapkan jenis kayu putih yang akan ditanam seluas ± 60 hektar pada akhir tahun 2024 pada kegiatan swakelola penanaman RHL di lokasi KHDTK Blok Playen.  Dengan demikian pada tahun mendatang bahan baku yang bisa digunakan untuk penyulingan atsiri ada 3 jenis yaitu kayu putih, sereh wangi dan akar wangi.

Kontributor       : Ketua Tim Kerja Kegiatan Prinas, Ketua Tim kerja Kegiatan Swakelola Penanaman RHL dan tim kerja program dan anggaran.

Penyaji             : RH

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *