Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

LAYANAN PUBLIK DAN PENGARUSUTAMAAN GENDER

BBPSIK Jogja – Bertempat di Ruang Cendana BBPSIK, Selasa 9 Juli 2024 diselenggarakan acara Forum Group Discussion (FGD) – Forum Komunikasi Publik (FKP) dengan tema “Peran Gender Dalam Pelayanan Publik”.

Kepala BBPSIK Dwi Prabowo Y.S. dalam sambutannya mengatakan bahwa FGD ini bertujuan untuk memperoleh penyelarasan pemahaman hingga solusi antara penyelenggara layanan dan pengguna layanan yang meliputi pembahasan rancangan, penerapan, evaluasi kebijakan sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan Pelayanan Publik yang ada di lingkup BBPSIK dengan mengintegrasikan perspektif gender di dalamnya.

Hadir secara online sekaligus memberikan arahan Sekretaris BSILHK, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,M.P. dan mewakili Kepala Biro Perencanaan KLHK, Dr. Ir. Apik Karyana, M.Sc.

Nur Sumedi dalam arahannya mengatakan bahwa acara ini sekaligus menindaklanjuti dua hal yaitu terkait dengan keberadaan tugas dan fungsi BBPSIK yang melaksanakan pelayanan publik sekaligus dikaitkan dengan aktualisasi aspek gender dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan publik.

“Kami sebagai koordinator Pengarusutamaan Gender sangat mengapresiasi BBPSIK yang selalu menyelenggarakan even-even PUG dengan mengangkat berbagai tema, seperti saat ini tentang Pelayanan Publik. Hal ini menunjukkan pelaksanaan beberapa prasarat gender yaitu komitmen pimpinan, dilanjutkan dengan kelembagaan, birokrasi dan tools” kata Apik Karyana dalam arahannya.

Acara ini menghadirkan dua narasumber dari Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BBPJI) Kerajinan dan Batik Aan Edy Antana, S.E,.M.Eng  dan Indiah Ratna Dewi, S.Si. dari Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet dan Plastik yang menampilkan pelayanan publik yang telah dilakukan di balai masing-masing.

Aan Edy Antana. dalam paparannya menjelaskan bahwa di BBPJI Kerajinan dan Batik telah melaksanakan beberapa layanan publik diantaranya Jasa konsultasi industri, Pendampingan perolehan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Sertifikasi produk, pendampingan sertifikasi halal dan kalibrasi alat-alat industri.

Penjelasan pelayanan publik di BBSPJI Kulit, karet dan plastik oleh Indiah Ratna Dewi menyebutkan bahwa pelayanan publik yang telah dilaksanakan kurang lebih sebanyak empat belas (14) jenis layanan, diantaranya adalah melayani kunjungan dari masyarakat umum yang ingin melihat proses industri kulit, karet dan plastik dengan langsung praktek di laboratorium sekaligus membawa pulang produk hasil prakteknya.

 

FGD ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta terdiri dari pejabat struktural dan fungsional serta stakeholder BBPSIK antara lain dari Universitas-universitas di Yogyakarta, Sekolah, Perusahaan HTI, Unit Pelaksana Teknis lingkup KLHK di DIY, Dharma Wanita serta organisasi Wanita Kehutanan Yogyakarta.

Pada acara ini juga dilaksanakan paparan layanan publik advis teknis BBPSIK dan diskusi untuk menjaring masukan dari pengguna tentang pelayanan publik yang telah dilakukan dan tindak lanjut kedepan. Pada akhir acara dilaksanakan penandatanganan Berita Acara hasil Forum Komunikasi Publik serta foto bersama.

 

Penyaji : Endang Dwi L.

Desain grafis: M. Nurdin

Editor : Rinto Hidayat

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *