Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BBPSIK GELAR PELATIHAN IMPLEMENTASI STANDAR ISO 17025:2017 SERI 4

BBPSIK Jogja – Masih dalam kegiatan peningkatan kapasitas SDM untuk penataan laboratorium pengujian dan validasi standar instrumen kehutanan, BBPSIK selenggarakan seri terakhir Pelatihan Implementasi Standar ISO 17025:2017. Bertempat di ruang Cendana BBPSIK, kegiatan dibuka oleh Retisa Mutiaradevi, S.Kom., MCA, selaku Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Standar Instrumen BBPSIK dan diikuti oleh para pejabat fungsional lingkup BBPSIK.

Wiyono, S.Hut., M.Si dan Agus Ngadianto, S.Hut., M.Sc., Ph.D dari PT. Starjagad Consultindo Utama, masih dipercaya menjadi narasumber dari kegiatan yang berlangsung pada 4 dan 5 Juli 2024.

Pada hari pertama, dipaparkan materi mengenai gambaran umum audit internal, prinsip-prinsip audit internal, standar kompetensi auditor internal, penyusunan program audit internal dan pelaksanaan audit internal tersebut.

“Audit itu sendiri merupakan proses yang sistematis, independen dan terdokumentasikan agar nantinya diperoleh bukti audit serta dapat dievaluasi secara objektif untuk melihat seberapa terpenuhinya kriteria audit”, ungkap Wiyono. Selanjutnya beliau juga menjabarkan mengenai jenis-jenis audit yang dapat dibagi menjadi tiga yaitu audit internal, audit penyedia eksternal dan audit sertifikasi atau akreditasi.

Audit internal dilakukan oleh internal organisasi, audit penyedia eksternal dilakukan oleh pihak eksternal yang terkait dan audit sertifikasi/akreditasi yaitu audit pembuat kebijakan atau peraturan. Pada pelatihan tersebut, Wiyono menekankan bahwasannya audit internal bukan untuk mencari kesalahan, tapi mencari peluang perbaikan.

Untuk hari selanjutnya yaitu tanggal 05 Juli 2024, materi yang dipaparkan antara lain tentang review kecukupan dokumen, penyusunan daftar pertanyaan audit, penyusunan laporan audit internal serta pemahaman SOP audit internal dan pengisian kelengkapan formulir audit internal.

Penyaji : Uki Maharani Pamukti

Editor   : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *