Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

DUA BABES SEPAKATI RANCANGAN SOP REKOMENDASI TINDAKAN KOREKTIF STANDAR INSTRUMEN LHK

BBPSIK Jogja – Rabu, 18 September 2024 telah dilaksanakan diskusi antara dua Balai Besar lingkup BSILHK, yaitu Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) dan Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup (BBPSILH) yang dilaksanakan secara zoom hybrid  yang bertempat di Ruang Cendana.

Diskusi ini bertujuan untuk membahas draf Standar Operational Prosedure (SOP) Penyusunan Rekomendasi Tindakan Korektif Standar Instrumen LHK. Selain itu juga dibahas mengenai instrumen kerja dan penentuan parameter kecukupan sampel dan mekanisme koordinasi dan komunikasi.

Ketiga dokumen tersebut diperlukan dalam rangka peningkatan kualitas rekomendasi tindakan korektif yang disusun oleh Balai Besar.  Dengan ketiga dokumen tersebut maka akan menjadi pedoman bagi pelaksana dalam menyusun laporan rekomendasi tindakan korektif sehingga tidak ada perbedaan prosedur, penentuan kecukupan sampel, metode analisis yang digunakan dalam menyusun dokumen rekomendasi.

“Apa yang telah dilakukan selama ini, kemudian dituangkan dalam dokumen resmi sesuai dengan rujukan peraturan dan sistem yang berkembang saat ini,” kata Kabid PVMVPKSI, Khuswantoro Akhadi.

Ignatius Adi Nugraha, Kepala PVMVPKSI BBPSLH Samarinda menyampaikan bahwa hari ini juga akan dilakukan FGD dengan key informan entitas untuk melakukan klarifikasi data, karena ternyata sampel  yang didapat hanya sedikit dan mempunyai nilai deviasi yang besar.  Jadi memang dibutuhkan metode yang tepat antara kualitatif dan kuantitatif.

Pada akhir diskusi, disepakati bahwa ketika dokumen yang disampaikan oleh BBPSIK Yogyakarta telah sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh Babes Yogyakarta dan Babes Samarinda. Tetapi tidak menutup untuk menerima masukan dan saran demi penyempurnaan pada kesempatan pertama.

Kabid PVMVPSI pada akhir acara menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada tim dua babes atas kerja keras selama ini. Sampai dengan saat ini telah berhasil menyelesaikan penilaian performa  54 standar dari 97 standar yang telah disampaikan oleh Balai Penerap Standar LHK.

Kontributor       : Khuswantoro A.

Penyaji             : Rinto H.

 

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@menlhk.go.id

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *