Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

TIM PENGELOLA KHDTK SUMBERWRINGIN INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI POTENSI TANAMAN KOLEKSI KHDTK

BBPSIK Jogja – Tim pengelola KHDTK Sumberwringin melakukan inventarisasi dan identifikasi tanaman yang ada di setiap petak tanam KHDTK yang berlokasi di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur tersebut.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui potensi pertumbuhan dan distribusi tegakan pohon yang ada pada petak tanam KHDTK Sumberwringin, sehingga perlu dilakukan pengukuran tinggi dan diameter pohon, serta pendataan lahan-lahan yang dipakai oleh masyarakat sekitar KHDTK untuk bercocok tanam. Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari kerja dari 24 s.d. 28 Juni 2024.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui potensi pohon di setiap petak tanam di KHDTK Sumberwringin, dan mengetahui distribusi tegakan dan pertumbuhan pohon pada berbagai jenis tanaman Koleksi KHDTK. Selain itu juga untuk mengetahui jenis pohon yang paling dominan pada masing-masing petak tanam.

Petugas lapangan KHDTK, Pak Nimon mengatakan bahwa kegiatan pengukuran tinggi dan diameter belum pernah dilakukan sejak beliau ditugaskan di KHDTK Sumberwringin pada 2017, sehingga beliau sangat antusias mengikuti kegiatan pengukuran tersebut.

Hasil kegiatan inventarisasi dan identifikasi tanaman yang ada di setiap petak tanam KHDTK, yaitu terdata tinggi dan diameter pohon sebangak 38 petak tanaman dari beberapa jenis tanaman koleksi KHDTK dan tercatat sebanyak 10 titik lahan dalam kawasan KHDTK Sumberwringin yang digarap masyarakat sekitar kawasan KHDTK untuk bercocok tanam.

Yang menjadi potensi sekaligus aset wisata alam di KHDTK Sumberwringin Bondowoso yang dikelola oleh BBPSIK Jogja ini salah satunya adalah jajaran pohon yang membentuk Hutan Pelangi. Hal tersebut terjadi karena terdapat pohon Eucalyptus deglupta yang batangnya berwarna-warni bagaikan Pelangi.

Lihat juga: Hutan Pelangi Aset KHDTK Sumberwringin, Bondowoso

Selain itu di dalam kawasan KHDTK Sumberwringin juga ditemukan jejak satwa babi hutan, kupu-kupu dan kotoran musang atau luwak yang berupa butiran-butiran kopi, sehingga keberadaan KHDTK Sumberwringin sangat diperlukan oleh satwa liar baik mamalia kecil, aves, reftil dan lainnya. Oleh sebab itu perlu upaya berbagai pihak untuk melakukan pemangaman terhadap KHDTK supaya tetap terjaga kelestariannya.

Tim pengelola KHDTK Sumberwringin berharap setelah dilakukan kegiatan inventarisasi dan identifikasi tanaman yang ada di setiap petak tanam KHDTK tersebut dapat menambah data dan informasi potensi tanaman dalam kawasan KHDTK Sumberwringin dan selanjutnya akan dihitung pontensi karbonnya.

 

Kontributor       : Wandi Sontang

Editor               : RH

 

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *