Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

RAKORNIS BSILHK: EXERCISE 2023, STRATEGI 2024, UJI TERAP DAN FLAGSHIP

RAKORNIS BSILHK: EXERCISE 2023, STRATEGI 2024, UJI TERAP DAN FLAGSHIP

BBPSIK Jogja – Kepala BBPSIK Yogyakarta pada Selasa 16 Januari 2024, mengikuti Rakornis lingkup Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) Kementerian LHK yang direncanakan berlangsung selama 3 hari mulai Selasa – Kamis 16-18 Januari 2024.

Pada kesempatan ini Kepala BBPSIK berkesempatan menjadi panelis pada diskusi pada sesi 1 dengan tema exercise 2023, Strategi 2024, uji terap dan flagship.

Pada diskusi ini, disampaikan catatan pembelajaran tahun 2023 untuk menuju new proses bisnis, harmonisasi penyusunan dan perumusan, keselarasan kegiatan antara pustand dan babes.

Kababes juga mengusulkan flagship yang diangkat harus yang kekinian dan merupakan isu strategis dan lagi mainstream saat ini, sebagai contoh perdagangan karbon yang punya nilai ekonomi tinggi, sehingga perlu didukung standar-standar terutama pada kegiatan Measurement, Reporting, and Verification (MRV) nya.

Flagship sebagai alat claim kinerja penggunaan standar. Selisih yang menerapkan standar dengan yang tidak.

Pada hari kedua, Rabu, 17 Januari 2023, Kepala BBPSIK Yogyakarta melakukan penandatangan Perjanjian Kinerja (PK) dan Pakta Integritas untuk pelaksanaan anggaran tahun 2024.  Penandatangan Kinerja merupakan janji kinerja kepada Kepala BSILHK. Penandatanganan PK ini juga merupakan langkah awal bagi BBPSIK untuk segera mengambil langkah strategis dalam pelaksanaan setiap program dan kegiatan TA 2024. Selain itu PK dan Pakta Integritas juga sebagai implementasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang berupa kesepakatan antara pimpinan dengan satker terkait.  PK juga sebagai alat dalam melakukan evaluasi capaian kinerja yang akan dilaksanakan selama tahun berjalan.

Selanjutnya pada diskusi panel 1 Rakornis hari kedua ini, Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Standar Instrumen BBPSIK, Retisa Mutiaradevi, S.Kom., M.CA. menyampaikan presentasi Penajaman Kualitas Parameter Pengukuran Level of Confidence Substansi & Kematangan Standar.

Semoga rakornis ini membawa BSILHK menjadi lebih baik dan seluruh target kinerja BBPSIK dapat tercapai dengan baik lancar dan akuntabel.

Kontributor    : Khuswantoro Akhadi

Editor           : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *