Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

TALKSHOW BERSAMA KEPALA BSILHK DAN BBPSIK YOGYAKARTA

TALKSHOW BERSAMA KEPALA BSILHK DAN BBPSIK YOGYAKARTA

BBPSIK Jogja – Dalam rangka mengkampanyekan tugas dan fungsi kantornya, BBPSIK mengadakan talkshow dengan tema “Yuk Lestarikan Alam Bersama BBPSIK”, Rabu (7/2/2024).

Dengan pemandangan asri nan menawan perbukitan/gunung Menoreh, talkshow kali ini mengetengahkan 2 tokoh penting dari Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK).

Tokoh pertama adalah Ir Ary Sudijanto MSE, Kepala BSILHK dalam talkshow menyampaikan apa itu BSILHK dan urgency didirikannya. Selain itu beliau menyampaikan peran strategis BSILHK dalam mewujudkan/mengawal Indonesia maju Indonesia emas 2045 dengan tetap menjaga kelestarian alam, termasuk arti penting dan peran standar dalam perizinan berusaha bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Beliau menyampaikan pentingnya standardisasi perizinan bidang lingkungan hidup karena berisi persetujuan lingkungan yang memuat komitmen dari pelaku usaha untuk melakukan pengelolaan dan perlindungan lingkungan.

“Dengan adanya standardisasi sama dengan memastikan pelaku usaha melakukan kewajibannya sehingga mempermudah dilakukan pengawasan,” ungkapnya.

Tokoh kedua adalah Dwi Prabowo YS, S.Si, Mc, Ph.D., Kepala BBPSIK yang menyampaikan bahwa BBPSIK sebagai Unit Pelaksana Teknis BSILHK di Yogyakarta dengan wilayah kerja seluruh Indonesia mempunyai 3 kata kunci dalam tugasnya, yaitu pengujian, validasi dan tindakan korektif.

Pengujian berkaitan dengan penerapan dokumen standar maupun pedoman penilaian kesesuaian yang sudah ditetapkan, dimana dalam hal ini BBPSIK berperan dalam kegiatan penilaian kesesuaian dan penjaminan mutu. Validasi berkaitan dengan kegiatan perumusan konsep dokumen standar maupun pedoman penilaian kesesuaian dimana dalam hal ini BBPSIK berperan dalam proses validasi konsep dokumen standar tersebut. Tindakan korektif merupakan kelanjutan dari kegiatan pengujian, dimana BBPSIK merekapitulasi hasil-hasil pengujian, mereview dan menganalis untuk menghasilkan berbagai rekomendasi dalam rangka pengembangan standar maupun standar rekognisi dirjen teknis pada masa yang akan datang.

Selain itu Pak Bowo biasa disapa, dalam talkshow juga berkesempatan merespon penonton yang bergabung secara online secara live streaming youtube yang menyampaikan pertanyaan terkait himbauan untuk masyarakat agar ikut menjaga hutan dan lingkungan hidup.

Lihat juga: BBPSIK Yogyakarta Upayakan Kemudahan Perizinan Lingkungan

Atas keberhasilan ini BBPSIK mengucapkan banyak terima kasih kepada Harian Jogja atas sinergi penyelenggaraan talkshow, Grand Dafam Signature Yogyakarta International Airport yang telah memberikan izin lokasi dan fasilitas, serta penonton yang telah memberikan dukungan. Semoga acara sosialisasi kegiatan BBPSIK lainnya bisa segera menyusul.

Terima kasih Pak Ary telah meluangkan waktunya untuk talkshow sebelum penanaman pohon serempak KLHK DI Yogyakarta.

Penyaji : RH

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *