Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

FIELDTRIP SMP-ITM SYUHADA YOGYAKARTA

FIELDTRIP SMP-ITM SYUHADA YOGYAKARTA

BBPSIK Jogja – BBPSIK Jogja kembali menerima tamu, adik-adik dari SMP IT Masjid Syuhada (SMP-ITMS) Yogyakarta, Selasa (30/01/24). Kunjungan bagian pertama ini khusus untuk siswa putra, sebanyak 95 orang.

Dalam sambutannya, Kepala BBPSIK, Bapak Dwi Prabowo YS menyampaikan bahwa pada era global ini kita harus mulai berpikir secara luas, kita harus berpikir jauh ke depan dan tahu apa dampak tindakan kita secara luas. Seperti diketahui saat ini bumi kita mengalami krisis terkait polusi, penurunan keanekaragaman hayati (biodiversitas), dan adanya perubahan iklim.

Menghadapi beberapa krisis tersebut, kita dapat memulai dari hal-hal sederhana, supaya krisis itu tidak semakin meningkat. Sebagai contoh, ketika di rumah kita dapat mematikan alat-alat elektronik yang sedang tidak digunakan. Selain itu kita dapat mengurangi sampah/ limbah dengan membawa tas belanja sendiri, bepergian dengan membawa botol air minum sendiri, dan yang tak kalah penting adalah menanam pohon, karena pohon dapat menghasilkan oksigen dll.

 

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bapak kababes tadi, Kepala SMP-ITMS, Ustadzah Meilani Noor Khasanah, S.Pd. mengatakan telah mencoba untuk menanamkan peduli lingkungan kepada para siswa, diantaranya mengurangi sampah plastik yaitu dengan membawa tempat makan dan minum sendiri-sendiri. Tantangan kami adalah bagaimana untuk bisa istiqomah dalam melakukan hal itu, dan menanamkan pada diri sendiri untuk mencintai dan peduli kepada lingkungan di sekitar kita.

Sesi berikutnya adalah penyampaian materi oleh Hamdan Adma Adinugraha (Manfaat Hutan), Lukman Hakim (Pariwisata Alam) dan Maman Sulaiman (HHBK-Madu).

Penyaji : M. Nurdin A.

Editor   : Rinto Hidayat

Lihat juga berita versi media sosial BBPSIK: https://www.instagram.com/p/C2wHgvWvKQQ

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *