Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

SINERGI PENYUSUNAN STANDAR BAMBU

SINERGI PENYUSUNAN STANDAR BAMBU

BBPSIK Jogja – Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (Pustandpi) BSILHK-Kementerian LHK melaksanakan kegiatan koordinasi dan konsultasi penyusunan standar pengelolaan bambu di kantor BBPSIK Yogyakarta (13/6).

Tim yang didampingi langsung oleh Kepala Pustandpi, Dr. Ir. Kirsfianti Linda Ginoga, M.Sc yang akrab dipanggil Bu Etty melakukan pertemuan dan diskusi dengan tim BBPSIK terkait Penyusunan Standar Pengelolaan Bambu Berketahanan Iklim dan Form UKL UPL Industri Bambu Rendah Emisi.

Sambutan Kepala BBPSIK yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian Kesesuaian Standar Instrumen (PVMV-PKSI), Khuswantoro Akhadi, S.Hut., MAP. mengawali acara.

Beliau menyampaikan sambutan baik terhadap tujuan tim Pustandpi dalam melakukan pembahasan dan sinergi dengan kegiatan pungujian, validasi serta metode verifikasi penilaian standar instrumen yang menjadi tugas dan fungsi BBPSIK.

Setelah mendengarkan sambutan dan arahan dari kepala kantor Pustandpi yang beralamat di Jl. Gunung Batu Bogor ini, acara dilanjutkan dengan penyampaian paparan dari expert bambu Pustandpi, yaitu Desy Ekawati dan Gilda Mutiara.

Desy Ekawati menyampaikan paparan tentang Standar Pengelolaan Bambu Berketahanan Iklim dalam mendukung sertifikasi bambu sebagai komoditas produksi dan penyimpan karbon, dengan pokok bahasan fakta global, fakta indonesia, tantangan dan peluang, serta strategi nasional bambu.

Dilanjutkan dengan paparan Gilda Mutiara terkait Rencana Penyusunan Standar – Formulir UKL-UPL Industri Bambu Rendah Emisi mulai dari latar belakang mengapa formulir UKL-UPL industri pengawetan bambu diperlukan, dasar hukum/peraturan terkait bambu dan pencegahan dampak lingkungan, ruang lingkup sampai dengan proses penyusunan formulir UKL-UPL.

Acara yang dilaksanakan di ruang Cendana ini dilanjutkan dengan diskusi menarik antara tim BBPSIK dengan tim Pustandpi sampai dengan waktu rehat menjelang. Kemudian tim Pustandpi didampingi oleh tim BBPSIK melanjutkan kegiatan berupa kunjungan lapangan dengan para pihak dan praktisi industri bambu yang ada di Yogyakarta, diantaranya Bambu Nusa Verde (BNV) Perusahaan kultur jaringan bambu yang berlokasi di Jl. Mangunan, Plembon, Harjobinangun, Kec. Pakem-Sleman, dan BambuBos yang berlokasi di Maguwo, Kec. Depok-Sleman.

Foto sumber: Paparan tim Pustandpi

Penyaji: Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *