Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BBPSIK DALAM PAMERAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN DI YOGAYAKARTA

BBPSIK DALAM PAMERAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN DI YOGAYAKARTA

BBPSIK Jogja – Kamis (22/06/2023) bertempat di The Alana Yogyakarta Hotel dan Convention Center, BBPSIK berkesempatan berpartisipasi dalam acara Pameran Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Acara pameran ini dalam rangka Rapat Kerja (Raker) Pengendalian Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ekoregion Jawa Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ). Adapun Bapak Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M sebagai keynote speech berkenan hadir dalam acara tersebut. 

Sebelum Raker dimulai, Bapak Bambang terlebih dahulu berkeliling menyapa seluruh peserta pameran.  Tidak tertinggal, Bapak Bambang mengunjungi stand pameran dari BBPSIK. Pada kesempatan kali ini BBPSIK memamerkan hasil dari tanaman Nyamplung (Calophyllum inophyllum). Melalui kegiatan kelitbangan yang dahulunya merupakan tupoksi dari BBPSIK yang sebelumnya bernama BBPPBPTH, tanaman Nyamplung dapat digunakan sebagai salah satu bahan bakar nabati (biofuel).  BBPSIK juga memiliki sumber benih unggul nyamplung yg ada di khdtk Wonogiri serta laboratorium pengujian HHBK penghasil minyak yg mampu mengolah nyamplung mjd tamanu oil dan biodisel.

Seperti tertarik ke memori beberapa tahun yang lalu ketika masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan, Bapak Bambang yang waktu itu berkesempatan mencoba test drive kendaraan menggunakan biofuel di kantor BBPSIK merasa bangga. ”Oh iya, dulu saya pernah mencoba ya?” tuturnya. 

Eritrina Windyarini, S.Hut., M.Sc, salah seorang Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) yang sebelumnya merupakan salah satu peneliti yang meneliti biofuel Nyamplung mengiyakan pertanyaan Bapak Bambang. “Kami juga sudah menyiapkan beberapa liter lagi yang dapat Bapak coba kembali di kantor BBPSIK” tambah Eritrina. Bak gayung bersambut, Bapak Bambang berkelakar akan mengajak beberapa pejabat untuk mengunjungi BBPSIK di waktu mendatang. ”Oke, nanti kita ajak beberapa teman untuk ke BBPSIK, kita atur-atur nanti jadwalnya” tuturnya. 

Kepala BBPSIK, Dwi Prabowo YS, S.Si., M.Sc., Ph.D. yang ikut menyambut Bapak Sekjen di stand pameran juga mempersilahkan Bapak Bambang berkunjung ke BBPSIK. Turut hadir mendampingi Kepala BBPSIK, Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Standar Instrumen Retisa Mutiaradevi, S.Kom., MCA. 

Stand pameran BBPSIK selain menampilkan produk nyamplung berupa biodiesel, tamanu oil, sabun nyamplung, dan pemanfaatan limbahnya berupa arang/briket nyamplung, asap cair nyamplung dan kompos, BBPSIK juga menampilkan barang-barang promosi BBPSIK, produk minyak kayu putih unggul, benih unggul dari sumber benih bersertifikat, serta aset-aset yang dimiliki BBPSIK berupa 5 laboratorium uji dan 6 Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) sebagai laboratorium lapangan.

Penyaji : Uki MP.

Editor  : Rinto H.

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email         : bbpsikjogja@gmail.com

Website     : http://172.16.3.237/

Instagram  : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook   : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter       : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube     : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *