Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PEMETAAN LAHAN KHDTK GUNUNGKIDUL BLOK PLAYEN

PEMETAAN LAHAN KHDTK GUNUNGKIDUL BLOK PLAYEN

BBPSIK Jogja – Tim KHDTK Gunungkidul Blok Playen melaksanakan pemetaan lahan pra kondisi rencana rehabilitasi tahun 2024 pada tanggal 25-27 Mei 2023. Rencana Rehabilitasi lahan ini bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Opak Progo Yogyakarta dalam penyediaan bibitnya.

“KHDTK Playen ini harus ditanami tanaman kayu, nah untuk dibawahnya bisa tetap ditanami tanaman pertanian maupun tanaman atsiri,” jelas Dwi Siwi Yuliastuti, S.Hut (Koordinator KHDTK GK Blok Playen) di depan perwakilan Ketua Kelompok Tani Penggarap.

Tanaman kayu yang akan ditanam antara lain kayuputih, pala, cendana, masohi dan tanaman MPTS (Multi Purpose Tree Species), yaitu tanaman buah-buahan serta tanaman atsiri. Diantara tanaman pesanggem harus ditanami tanaman kayu minimal setiap 1 ha harus ada 300 tanaman kayu dan 100 tanaman MPTS.

“Hari ini selain kita lakukan pemetaan lahan menggunakan aplikasi Avenza maps, kita juga undang beberapa perwakilan kelompok tani agar mereka mengetahui rencana rehabilitasi lahan di tahun 2024, dan untuk beberapa bulan kedepan mungkin akan diagendakan bertemu seluruh petani pesanggem secara bertahap karena jumlahnya kurang lebih seratus lima puluhan orang,” ungkap Siwi.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penjaringan minat tanaman MPTS apa yang petani inginkan, dari usulan beberapa ketua kelompok tani yang hadir, mereka menginginkan tanaman pete, jengkol dan mangga.

Bibit tanaman kayu ini nanti akan diserahkan ke petani penggarap untuk ditanam dan dipelihara dan kalau ada hasilnya petani dipersilahkan mengambil.  Petani penggarap tetap diperbolehkan menggarap lahan di bawah tegakan seperti menanam tanaman pertanian padi dan palawija lainnya.

Disela kegiatan pemetaan juga dilakukan supervisi pemeliharaan tanaman atsiri (kayuputih, sereh wangi dan akar wangi) yang telah ditanam pada Februari lalu.

Lihat juga: Groundcheck Lokasi RHL 2024 Di KHDTK Gunungkidul Blok Playen

Penyaji : Endang Dwi L.

Editor  : Rinto H.

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *