Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

ARSIPARIS BBPSIK BERBAGI ILMU GUNA PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN KEARSIPAN KLHK

ARSIPARIS BBPSIK BERBAGI ILMU GUNA PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN KEARSIPAN KLHK

BBPSIK Jogja – Arsiparis Ahli Muda BBPSIK Astoto Nugroho, S.ST.Ars berkesempatan memberikan bimbingan teknis pengelolaan kearsipan dan pendampingan pengawasan Internal kearsipan lingkup KLHK tahun 2023 yang berlokasi di Bogor (16-17/05/2023).

Bimbingan teknis pengelolaan kearsipan ini diikuti kurang lebih 25 peserta yang terdiri dari penanggungjawab dan pengelola arsip lingkup Biro Perencanaan Kementerian LHK yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 16 sd 17 Mei 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Ernawati Eko Hartono, S.Hut, M.Si selaku Penanggungjawab Kegiatan Kearsipan Biro Perencanaan Sekretaris Jenderal KLHK menyampaikan harapannya terkait dengan peningkatan kualitas pengelolaan kearsipan di lingkungannya setelah pelaksanaan acara ini. Selain itu, Erna juga menyampaikan bahwa target nilai pengawasan Internal kearsipan tahun ini harus meningkat dari B (Baik) menjadi A (Memuaskan) karena Tim kearsipan sudah mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari Arsiparis Teladan KLHK.

Dalam kegiatan tersebut, Astoto menyampaikan tentang wajibnya pengelolaan arsip yang baik, bukan hanya sekedar mendapatkan nilai pengawasan yang Memuaskan (A) atau sangat memuaskan (AA) saat dilakukan audit Internal kearsipan, tapi Budaya Tertib dan Sadar Arsip menjadi karakter dari seluruh pegawai KLHK khususnya yang mengikuti kegiatan tersebut.

Arsip akan disadari sebagai sesuatu yang penting ketika arsip hilang, dicari tidak ketemu, atau ada kasus yang harus diselesaikan dengan bukti arsip.

Pelatihan ditutup dengan survei lokasi simpan arsip Biro Perencanaan, penghitungan RAB Sarana dan Prasarana kearsipan yang dibutuhkan untuk pengelolaan arsip yang ideal. Dalam bincang santai dengan Kepala Biro Perencanaan KLHK, Astoto menyampaikan tentang pentingnya pengelolan arsip dengan metode rencana kerja kontrol, karena semuanya harus terencana dengan matang, dilakukan sungguh-sungguh dan terkontrol secara terukur. Salam Arsip.

Kontributor: AN

Penyaji : Maya Retnasari

Editor  : Rinto H.

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *