Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PENTINGNYA STANDAR PERHUTANAN SOSIAL MENUJU HUTAN LESTARI

PENTINGNYA STANDAR PERHUTANAN SOSIAL MENUJU HUTAN LESTARI

BBPSIK Jogja – Pengendali Ekosistem Hutan Surip, S.Hut., MSc. dan Pengendali Dampak Lingkungan Arif Setiawan, S.Hut. menulis tentang standar perhutanan sosial di Majalah STANDAR: Better standard better living- vol 2 no 2, Maret 2023 dengan judul “Pentingnya standar perhutanan sosial menuju hutan lestari”.

Tulisan ini dimulai dengan definisi perhutanan sosial menurut Permen LHK no 9 tahun 2021 bahwa perhutanan   sosial   merupakan   suatu   sistem   pengelolaan  hutan  lestari  yang  dilaksanakan  dalam  kawasan  hutan  negara  atau  Hutan  Hak/Hutan Adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat     atau     masyarakat     hukum     adat     sebagai  pelaku  utama  untuk  meningkatkan kesejahteraannya,  keseimbangan  lingkungan dan  dinamika  sosial  budaya  dalam  bentuk Hutan   Desa,   Hutan   Kemasyarakatan,   Hutan   Tanaman   Rakyat,   Hutan   Adat   dan   kemitraan   kehutanan.

Untuk menjalankan fungsi perhutanan sosial diperlukan adanya standar yang disusun untuk mendukung tujuan besar program perhutanan sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan   dalam   kawasan   hutan   negara   bersama masyarakat.

Hasil survey menunjukkan bahwa kinerja standar khusus pengelolaan hutan oleh masyarakat era saat ini banyak dipengaruhi oleh adat dan budaya masyarakat setempat sehingga Strategi kolaborasi antara tokoh adat dan penerap standar merupakan pilihan terbaik dalam menjalankan organisasi kelompok tani hutan dalam skema perhutanan sosial.

Pada akhir tulisannya ditegaskan bahwa Standar khusus pengelolaan hutan oleh masyarakat (PHoM) harus bersifat mandatory (wajib) dan dibuat untuk  menyediakan instrumen untuk     meningkatkan mutu, efisiensi dan daya  saing  namun  tetap melindungi kepentingan Negara.

Lihat juga: Majalah STANDAR vol 2 no 2,2023

Kontributor     : Surip dan Arif Setiawan

Penyaji           : Endang DL.

Editor            : Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *