Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

KUNJUNGAN KERJA BAPPEDALITBANG KABUPATEN TRENGGALEK

KUNJUNGAN KERJA BAPPEDALITBANG KABUPATEN TRENGGALEK

BBPSIK Jogja – Mengawali bulan April 2023 Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) mendapat kunjungan dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Trenggalek, Senin 3 April 2023.

Kunjungan dari Bappedalitbang Kab. Trenggalek disambut baik oleh Dwi Prabowo YS, S.Si, M. Sc, Ph. D (Kepala BBPSIK). Pak Bowo, sapaan beliau bercerita tentang latar belakang kantor litbang sebelumnya dan juga transformasinya menjadi instansi baru dengan tugas dan fungsi yang baru.

“Kami sangat senang bisa diterima dengan baik di kantor ini dan kedatangan kami beserta Pokdarwis “Belik Waru” adalah untuk belajar terkait pembuatan atau pembimbitan rumput vetiver,” ujar dr. Ratna Sulistyowati, M. Kes selaku Kepala Bappedalitbang Kab. Trenggalek.

“Karena daerah Kab. Trenggalek 60% adalah daerah hutan dengan kemiringan 40% serta rawan bencana seperti tanah longsor, erosi dan tanah bergerak jadi tanaman apa saja yang cocok untuk meminimalisir bencana tersebut,” tambah dr. Ratna.

Narasumber dalam kunjungan kali ini adalah Surip, S. Hut, M. Sc (PEH BBPSIK) dan Maman Sulaeman, S. Hut (Penyuluh Kehutanan) yang memaparkan “Potensi Laboratorium dan KHDTK BBPSIK”. Dalam paparannya tersebut Surip menerangkan akar wangi (Vetiveria zizanoides) yang bermanfaat selain untuk minyak atsiri juga bisa untuk mencegah bendana longsor dan erosi. Diskusi berlangsung menarik dan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

Heri Yulianto, SE, MAP (Kabid Perencanaan, Infrastruktur dan Kewilayahan Bappedalitbang Kab. Trenggalek) menyampaikan bahwa target jangka pendeknya adalah membuat uji coba persemaian vetiver, apabila sudah berjalan bagus baru cari CSR. Target jangka menengah: menjadikan programnya pemda sebagai program prioritasnya, dan target jangka panjang: masyarakat ikut serta dalam program tersebut seperti saat Kab. Trenggalek menjadi penghasil cengkeh terbesar dan perekonomian masyarakat terangkat pada saat itu.

“Semoga kegiatan ini BBPSIK bisa melakukan pendampingan atau bahkan MoU,” harap Heri.

Penulis : Dewi Sartika

Editor  : Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *