Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BIMTEK PENANGANAN BENIH TANAMAN HUTAN LEMBAH KELUD VILLA AND GLAMPING RESORT KEDIRI

BBPSIK Jogja – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I Palembang, telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Benih Tanaman Hutan yang dilaksanakan di Lembah Kelud Villa and Glamping Resort Kediri (13-14 Juni 2024).

Kegiatan bimtek dibuka oleh Kepala BPTH Wilayah I, Ibu Chatarina Sri Rustini, S.Hut., M.Sc beserta Kepala UPT PTH Dishut Jawa Timur, Ibu Agustiningtyas Marini, S.Hut., M.AP. Dalam pembukaan acara disampaikan pentingnya sumber benih, kualitas benih dan pengelolaan sumber benih untuk keberlanjutan penyediaan sumber benih unggul.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Jogja diundang berpartisipasi dalam bimtek tersebut dengan mengirimkan narasumber Surip, S,Hut., M.Sc yang menyampaikan materi tentang Pengelolaan Sumber Benih. Narasumber lainnya di bimtek yang dihadiri oleh pelaku usaha pembibitan, pengada dan pengedar benih, penyuluh kehutanan dan tim dari Dinas Kehutanan tingkat Provinsi Jawa Timur ini adalah Tri Wahyudi dari Perhutani Forestry Institute (PeFi) yang menyampaikan materi Penanganan Benih Tanaman Hutan.

Kegiatan bimtek penanganan benih tanaman hutan dilakukan dalam 2 (dua) sesi, yaitu di kelas (indoor) dan di lapangan terkait teknik pengunduhan, penanganan pasca panen buah, ektraksi, sortasi, packing benih dan strategi penyimpanan benih untuk menjaga viabilitas benih.

Pembangunan sumber benih dilakukan sesuai dengan syarat dan kaidah tertentu, namun syarat dan kaedah tersebut jangan sampai menjadikan hambatan munculnya potensi kualitas benih yang akan dihasilkan untuk mendukung pembangunan hutan tanaman. Sedangkan untuk menjaga fungsi sumber benih sebagai penghasil benih unggul diperlukan kegiatan evaluasi sumber benih sesuai dengan standar SNI 8862:2020.

 

Kontributor      : Surip, S,Hut., M.Sc

Editor               : Rinto Hidayat

 

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *