Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

FORESTATION UGM KUNJUNGI BBPSIK

BBPSIK Jogja – Bertempat di Ruang Cendana Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK), Kamis (13/06/24) Himpunan Mahasiswa Minat Konservasi Sumber Daya Hutan di Fakultas Kehutanan atau yang biasa disebut Forestation berkunjung ke BBPSIK. Ir. Dodi Garnadi, M.Si, Perencana Ahli Madya yang pada kesempatan ini sebagai Plh. Kepala Bagian Umum menyambut rombongan yang dikomandoi oleh Christhoper Gora Damas R.T.

“Kunjungan Jelajah Konservasi oleh Forestation beserta undangan himpunan lainnya ini mengusung tema Pentingnya Pengetahuan tentang Pengujian Standar Instrumen dalam Menunjang Pengelolaan Konservasi di Bidang Kehutanan,” ujar Gora selaku Ketua Forestation.

Selanjutnya Gora menyampaikan bahwa jelajah konservasi ini merupakan bentuk pengenalan konservasi baik di fakultas kehutanan maupun di lingkungan sekitarnya. “Kami menggaungkan mengenai konservasi dimana lingkungan perlu dijaga, dirawat dan dilindungi untuk kita semua,” terangnya.

Hamdan Adma Adinugraha, S.Hut., M.Sc, Penyuluh Kehutanan Ahli Madya dari BBPSIK yang menjadi salah satu narasumber memberikan paparan mengenai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) dan bidang kehutanan lainnya. “Semenjak tugas dan fungsi instansi kita berganti maka kita sudah tidak ada kegiatan pembibitan dan persemaian karena fokus kita sekarang untuk pengujian dan validasi standar-standar”.

Namun, Hamdan juga menjelaskan bahwasannya BBPSIK masih menerima apabila ada mahasiswa yang hendak melakukan penelitian di laboratorium maupun di KHDTK dengan topik yang disesuaikan dengan tupoksi instansi.

Setelah paparan selesai, rombongan melanjutkan kunjungannya ke laboratorium-laboratorium milik BBPSIK. Di laboratorium Generika Molekuler didampingi oleh narasumber antara lain Dr. Sakdullah, S.T.,M.Sc. (Analis Kebijakan Ahli Madya), Wahyunisari, S.Hut (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda) dan Rudi Hartono, S.Hut (Pengendali Dampak Lingkungan Mahir).

Sedangkan di laboratorium Kultur Jaringan didampingi oleh Fithry Ardhany, S.Hut., M.Sc, (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama), Maman Sulaeman, S.Hut, (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama), Ir. Ari Fiani, M.Sc (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Madya) dan Suprihati (Pengendali Ekosistem Hutan Mahir).

Laboratorium lainnya yang dikunjungi adalah Laboratorium Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Penghasil Minyak dengan narasumber Eritrina Windyarini, S.Hut., M.Sc. (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda) dan Tri Maria Hasnah, S.Hut., M.Sc (Analis Standardisasi dan Teknologi).

Penyaji : Uki Maharani Pamukti

Editor   : Rinto Hidayat

 

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *