Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BBPSIK BELAJAR MELAYANI DARI MPP KOTA BANDUNG

BBPSIK Jogja – Pada bulan Mei ini, tim dari BBPSIK berkesempatan untuk belajar mengenai pelayanan publik terpadu di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bandung. MPP ini masuk dalam kategori 5 besar berkinerja prima versi Kementerian PANRB Tahun 2023 (https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/10-daerah-sabet-penghargaan-penyelenggaraan-mpp-terbaik-se-indonesia). Tim Pranata komputer BBPSIK yang terdiri dari Uki Maharani Pamukti, S.Kom., M.Eng dan Dewi Sartika, S.Kom berkesempatan berbincang dengan Ketua Tim Pelayanan MPP, Drs. Deden Rusyana, M.AP.

Deden menyampaikan bahwa MPP merupakan konsep layanan satu pintu untuk memudahkan masyarakat memperoleh layanan dari berbagai instansi yang awalnya menjadi ide dari Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung. MPP memfasilitasi 28 instansi yang terdiri dari 9 instansi internal pemerintah Kota Bandung dan 19 instansi eksternal dengan 97 jenis layanan.

MMP Kota Bandung juga memiliki keistimewaan dibandingkan dengan MPP lainnya karena memiliki pelayanan yang transparan, aman, nyaman dan cepat, menjunjung tinggi integritas serta sudah termasuk dalam zona kawasan WBBM. Selain itu, ada aplikasi andalan yang dimiliki antara lain SAKEDAP (Sarana Anjungan Kemudahan Perizinan) yaitu mobil pelayanan yang jemput bola melayani masyarakat dan aplikasi GAMPIL (aplikasi pelayanan perizinan).

Disamping itu tersedia pula sistem pelayanan digital antara lain website, informasi visual berupa monitor LCD touch screen, antrian elektronik online dan offline, aplikasi MPP terintegrasi dengan aplikasi pelayanan perizinan GAMPIL serta anjungan mandiri digital form pengisian Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Untuk SKM, pengisian dapat dilakukan pada layar sentuh informasi visual maupun melalui QR code pada smartphone pemohon. Hasil SKM juga dapat dilihat langsung secara online melalui website dan media sosial.

Banyak hal yang kedepannya dapat menjadi contoh untuk pelayanan di BBPSIK seperti untuk menampilkan informasi yang terkini melalui media sosial, website maupun dalam tampilan digital informasi yang tersedia di kantor BBPSIK maupun untuk ketersediaan SKM yang lebih baik.

Penyaji : Uki Maharani Pamukti

Editor   : Rinto Hidayat

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *