Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PENGELOLAAN ARSIP YANG BAIK SEBAGAI KARAKTER KEMENTERIAN LHK

BBPSIK Jogja – Astoto Nugroho, S.ST.Ars selaku Arsiparis Ahli Muda BBPSIK kembali diberi kesempatan menjadi narasumber bimbingan teknis pengelolaan kearsipan dan pendampingan pengawasan Internal kearsipan lingkup KLHK tahun 204 di Biro Perencanaan Setjen KLHK di Hotel Kimaya,  21 – 22 Mei 2024.

Kepala Biro Perencanaan yang diwakili oleh Ibu Ernawati Eko Hartono S.Hut, M.Si selaku penanggung jawab kegiatan kearsipan di Biro Perencanaan Setjen KLHK menyampaikan harapannya terkait dengan peningkatan kualitas pengelolaan kearsipan di lingkungannya setelah pelaksanaan acara ini.

Selain itu, Erna juga menyampaikan bahwa target nilai Pengawasan Internal kearsipan tahun ini harus meningkat dari AA 98,81 (Sangat Memuaskan) menjadi AA 99,00 (Sangat Memuaskan) karena Tim kearsipan sudah mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari Arsiparis Teladan KLHK.

Dalam kegiatan tersebut, Astoto menyampaikan tentang wajibnya pengelolaan arsip yang baik, bukan hanya sekedar mendapatkan nilai pengawasan yang Memuaskan (A) atau sangat memuaskan (AA) saat dilakukan audit Internal kearsipan, tapi Budaya Tertib dan Sadar Arsip menjadi karakter dari seluruh pegawai KLHK khususnya yang mengikuti kegiatan tersebut.

Arsip akan disadari sebagai sesuatu yang penting ketika arsip hilang, dicari tidak ketemu, atau ada kasus yang harus diselesaikan dengan bukti arsip.

Pelatihan ditutup dengan survei lokasi simpan arsip Biro Perencanaan yang sudah sangat maju dari tahun sebelumnya, tempat arsiparisnya representatif, ruang simpannya sudah sangat rapi jauh meningkat dari tahun sebelumnya.

Dalam bincang santai dengan Kepala Biro Perencanaan KLHK, Astoto menyampaikan tentang pentingnya pengelolaan arsip dengan metode rencana kerja kontrol, karena semuanya harus terencana dengan matang, dilakukan sungguh-sungguh dan terkontrol secara terukur. Salam Arsip.

 

Kontributor       : Astoto Nugroho

Editor               : Rinto Hidayat

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *