Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

MENAMBAH WAWASAN IMPLEMENTASI KEANEKARAGAMAN HAYATI, MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UMY KUNJUNGI BBPSIK

BBPSIK Jogja – Dalam rangka memperkaya aktivitas pembelajaran mahasiswa di mata kuliah Teknik Isolasi dan Perbanyakan Agensia Hayati bagi mahasiswa program studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kunjungan ke Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK). Henri Supriyanto, S.Hut.T, MAP selaku Kepala Bagian Umum menyambut rombongan dari UMY yang dikomando oleh Innaka Ageng Rineksane, S.P., M.P., Ph.D selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Pertanian UMY pada Rabu (22/05/24).

Dalam sambutannya Bapak Henri menyampaikan bahwa BBPSIK sekarang tupoksinya sudah tidak melakukan kegiatan kelitbangan namun melakukan pengujian dan validasi standar sebelum digunakan oleh pelaku usaha atau masyarakat. Namun BBPSIK masih memiliki aset-aset penelitian seperti laboratorium, persemaian dan plot-plot tanaman kehutanan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. ”Apabila nantinya ada mahasiswa yang berminat untuk melakukan magang, kerja praktek ataupun skripsi dapat mengajukan proposal ke kami”, ungkapnya.

Selanjutnya Ibu Innaka menyampaikan terima kasihnya kepada BBPSIK yang sudah bersedia menerima rombongan UMY. ”Mahasiswa sudah mempelajari keanekaragaman di mata kuliah sehingga kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana implementasi/aplikasi terhadap apa yang sudah dipelajari”, ujarnya.

Sebanyak 153 mahasiswa UMY belajar di Laboratorium Genetika Molekuler dengan Dr. Sakdullah, ST., M.Sc. (Analis Kebijakan Ahli Madya), Wahyunisari, S.Hut (PEH Ahli Muda) dan Rudi Hartono, S.Hut (Pengendali Dampak Lingkungan Mahir); Laboratorium Kultur Jaringan dengan Fithry Ardhany, S.Hut., M.Sc (PEH Ahli Pertama), Yuliah, S.Hut., M.Sc (PEH Ahli Muda), Minarningsih, S.Hut., M.Sc (PEH Ahli Muda), Retno Tri Astuti, S.Si., M.Sc (PEH Ahli Muda) dan Suprihati (PEH Mahir); Laboratorium HHBK Penghasil Minyak dengan Eritrina Windyarini, S.Hut., M.Sc (PEH Ahli Muda) dan Arif Priyanto, S.P (PEH Ahli Muda); serta persemaian BBPSIK dengan Hamdan Adma A, S.Hut., M.Sc (Penyuluh Kehutanan Ahli Madya) dan Maman Sulaeman, S.Hut (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama).

Penyaji : Uki Maharani Pamukti

Editor   : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *