Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BERMULA DARI MASALAH, TIMBULLAH KREATIVITAS DAN INOVASI

BBPSIK_Jogja – Dalam rangka peningkatan pengelolaan layanan termasuk layanan informasi BBPSIK, Tim Kerja Data Informasi (Datinfo) dan Diseminasi yang dipimpin oleh Ketua Tim Kerja Datinfo Rinto Hidayat, S.Hut, melakukan kunjungan kerja sekaligus studi tiru ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Surabaya pada Rabu 15 Mei 2024. Kunjungan diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Bapak Lasidi bersama tim.

“Sebenarnya inovasi itu adalah salah satu cara untuk mencapai target. Jika target tidak tercapai maka ini adalah masalah, masalah harus diselesaikan dengan kreativitas yang direncanakan, nah pelaksanaan rencana itulah yang dinamakan inovasi” kata Pak Lasidi menjelaskan bagaimana inovasi itu muncul.

MPP adalah model pelayanan publik terpadu yang berada pada satu tempat. Di Surabaya, MPP berada di Gedung Siola yang terdiri dari 8 lantai dan terletak di Jalan Tunjungan. MPP tersebut melayani 1.993 izin dan dokumen yang dibutuhkan warga dalam satu tempat.

Lebih lanjut Pak Lasidi mengatakan bahwa keberhasilan MPP Surabaya meraih MPP terbaik nomor satu mengalahkan 163 MPP seluruh Indonesia, merupakan keberhasilan bersama dan kolaborasi setiap unsur yang dimulai dengan arahan pimpinan yang baik. DPM-PTSP merupakan koordinator pelaksanaan pelayanan publik di MPP Surabaya yang melakukan pengelolaan bersama BPKAD, Diskominfo, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman serta Pertanahan, Bagian PBJ dan Administrasi Pembangunan, serta Dinas Perhubungan.
DPM-PTSP Kota Surabaya juga telah meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK), yang salah satu poin penilaiannya adalah tentang inovasi. Inovasi yang telah dilaksanakan oleh DPM-PTSP antara lain: Klinik investasi; Pesona Buaya (pendampingan usaha mikro di Surabaya untuk mendapatkan legalitas dalam menjalankan usahanya); Lapis Lupis (Layanan Asistensi Pengisian dan Fasilitasi LKPM untuk peningkatan investasi); Takon Sobat (konsultasi perizinan yang dijawab lewat whatshapp).

Benefit dari ZI-WBK ini adalah berupa reward ekonomi kota Surabaya, dengan adanya banyak kunjungan kerja ke Surabaya maka akan menaikkan pendapatan asli daerah. Selain itu yang lebih penting adalah kemanfaatannya, bahwa inovasi yang dilakukan harus memudahkan masyarakat, meningkatkan ekonomi, ada keberlanjutan dan mudah disebarluaskan (direplikasi).
Tim BBPSIK berkesempatan menyampaikan kondisi pelaksanaan pelayanan yang saat ini ada. Potensi yang dimiliki, serta tugas dan fungsi kantor. Dengan melihat berbagai layanan berbagai OPD dan instansi yang ada di Surabaya, Tim BBPSIK bisa mencari alternatif perbaikan layanan yang sudah dilaksanakan maupun gambaran layanan lain yang bisa diterapkan oleh BBPSIK.

Pada akhir sambutannya Pak Lasidi berharap bahwa semoga kunjungan ini akan menjadi langkah awal kolaborasi yang produktif dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik lagi untuk masyarakat.

Lihat juga: Kunjungan Studi Tiru BBPSIK di DPMPTSP Surabaya

Setelah penyambutan Tim BBPSIK berkesempatan room tour ke berbagai fasilitas yang ada di MPP Surabaya. Beberapa fasilitas layanan yang tersedia di MPP Surabaya diantaranya: Klinik Investasi; Surabaya Kriya Gallery (SKG); Comand Centre 112; Pusat Pembelajaran keluarga (Puspaga); Pojok Baca Digital (POCADI); Museum Surabaya; Pijat tuna netra dan Co working Space (Koridor). Seluruh fasilitas yang ada di MPP dapat dipergunakan oleh masyarakat Surabaya secara gratis.

Di loket PTSP terdapat komputer yang bisa digunakan oleh pengunjung yang datang untuk mulai mencari informasi maupun layanan yang dicari melalui Surabaya Show Window (SSW) dan pengisian Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) atas layanan yang diterima sesuai OPD/instansi yang dituju.

Instansi yang bergabung di MPP Surabaya terdiri atas 8 OPD dan 10 instansi vertikal, dan 5 BUMN/D, yang dikelompokkan dalam tiga layanan, yaitu layanan Kota Surabaya (DPM-PTSP; Dinas Dukcapil: Dinas Perumahan Rakyat; Dinas Lingkungan Hidup; Dishub: Dinas Perindustrian; Bagian Pengadaan Barang dan Jasa serta Badan Pendapatan Daerah). Layanan pemerintah (Kantor pertanahan I & II; BNN Kota Surabaya dan Jawa Timur; Ditjen Pajak; Polrestabes Surabaya; Kantor otoritas bandara juanda; Pengadilan Agama Surabaya; Pengadilan negeri Surabaya; dan kantor Kejaksaan). Dan yang terakhir layanan BUMN dan BUMD (Pos; BPJS; bank Jatim dan PDAM).

Harapan kedepan dari kegiatan ini bisa menambah informasi, aspirasi dan solusi dalam meningkatkan pengelolaan layanan dari BBPSIK.

Penyaji: Endang Dwi L
Editor: Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)
Telp. (0274) 895954; 896080
Email : bbpsikjogja@gmail.com
Website : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/
Instagram : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/
Facebook : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/
Twitter : https://x.com/bbpsik_jogja
Youtube : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *