Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

Melihat Peluang Jenjang Karir, SMAN 1 Turi Kunjungi BBPSIK

Melihat Peluang Jenjang Karir, SMAN 1 Turi Kunjungi BBPSIK

BBPSIK Jogja – ”Setelah ini kamu mau lanjut kemana?” inilah sebuah pertanyaan sederhana dari Lukman Lukman Hakim S.Hut., MP, Penyuluh Ahli Madya kepada audience pada acara Kunjungan SMA N 1 Turi di Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (16/01/24). Sederhana namun jawabannya menjadi sangat sulit bagi para siswa kelas 12 ini. Hal ini menjadi salah satu alasan dari SMAN 1 Turi mengunjungi BBPSIK .

Heri Untoro, S.Pd, M.M selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Turi mengucapkan terima kasih karena yakin bahwa BBPSIK mempunyai komitmen terhadap lingkungan. ”Kami percaya bahwa anak-anak kami, generasi penerus perbaikan lingkungan dapat memetik hikmah dimana Indonesia memiliki banyak hutan sehingga menjadi peluang bagi para siswa untuk melestarikannya” ungkapnya.

Retisa Mutiaradevi, S.Kom., MCA mewakili Kepala BBPSIK menyambut baik kedatangan rombongan dari SMAN 1 Turi. ”Saya sekarang ini memposisikan sebagai emak-emak yang melihat galaunya anak-anak ketika akan mengambil kuliah” tuturnya setelah selesai memberikan paparan singkat mengenai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) dan laboratorium di BBPSIK beserta kemungkinan karir yang dapat dipilih.

Pada kesempatan ini juga ada beberapa paparan yang disampaikan oleh Penyuluh Ahli Madya BBPSIK yaitu Hamdan Adma Adinugraha, S.Hut., M.Sc dan Lukman Hakim S.Hut., MP, Penyuluh Ahli Muda yaitu Dwi Siwi Yuliastuti, S.Hut, Penyuluh Ahli Pertama yaitu Maman Sulaeman, S.Hut dan Fithry Ardhany, S.Hut., M.Sc, selaku Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama beserta tim Laboratorium  Pengujian Kultur Jaringan. Tim Laboratorium  Pengujian Kultur Jaringan terdiri dari Ir. Ari Fiani, M.Sc, Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Madya, Yuliah, S.Hut., M.Sc, Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda, Minarningsih, S.Hut., M.Si, Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda, dan Suprihati, Pengendali Ekosistem Hutan Mahir.

Dwi Siwi memberikan penjelasan tentang SDM BBPSIK dan kemungkinan jenjang karir dari progam SMA IPS. ”Saya berharap paling tidak ketika adik-adik akan mengambil jurusan sesuai dengan passionnya” Sejalan dengan Dwi Siwi, Lukman juga menganjurkan apabila nanti adik-adik hendak pengembangan dirinya dapat disesuaikan dengan bakat dan minatnya. Selanjutnya Dwi Siwi mengajak adik-adik keliling kantor sambil melakukan pengenalan pohon-pohon.

Hamdan dan Maman saling sharing pengalaman karir sebelumnya dimana Hamdan sebagai peneliti dan Maman sebagai teknisi litkayasa sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari Balai Besar sebelumnya. Sedangkan Ardha lebih menjelaskan tentang perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan dan juga mengajak para siswa tour keliling laboratorium kultur jaringan. (UMP)

Penyaji : Uki Maharani Pamukti

Editor : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *