Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

FUNGSI BENIH ITU TAK TERGANTIKAN

FUNGSI BENIH ITU TAK TERGANTIKAN

“Fungsi benih itu tak tergantikan” (Surip, 2023)

BBPSIK Jogja – Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BBPSIK, Surip, S.Hut. M.Sc. menjadi narasumber dalam acara bimtek pengelolaan sumber benih tanaman hutan yang diselenggarakan oleh Balai Sertifikasi Perbenihan Tanaman Hutan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah pada hari Rabu 22 November 2023 lalu di kota Semarang.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka pengendalian peredaran benih dan bibit tanaman hutan di wilayah Jawa Tengah sehingga Materi yang disampaikan oleh Bapak Surip juga terkait dengan perbenihan yaitu tentang pengenalan dan perlakuan benih tanaman hutan serta pembangunan dan pengelolaan sumber benih.

Surip menyampaikan bahwa fungsi benih tidak bisa digantikan oleh teknologi apapun dalam pembangunan hutan berkelanjutan dan sesuai SK.707/Menhut-II/2013 dan SK.396/MENLHK/PDASHL/Das.2/8/2017 telah ditetapkan jenis tanaman hutan dan harus diambil dari sumber benih yang bersertifikat. Adapun jenis tanaman tersebut adalah Jati, Mahoni, Sengon, Gmelina, Jabon, Kemiri, Cempaka, Gaharu, Cendana, Kayuputih, jenis -jenis tersebut perlu dikenal dan harus tahu perlakukan masing-masing benihnya. Sedangkan konsep dalam pembangunan dan pengelolaan sumber benih adalah sumber benih tersebut harus mampu memproduksi benih yang berkualitas dan dalam jumlah yang besar.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala BSPTH Jateng Ibu Ir. Sri Sayuti, M.Si dan dihadiri oleh 45 pelaku usaha benih dan bibit serta pengelola sumber benih di Jawa Tengah. Adapun narasumber lain yang hadir adalah Eko Subiantoro, instruktur panjat pohon Balai Taman Nasional Baluran yang menyampaikan materi tentang teknik pengunduhan benih.

Kontributor       : Surip

Editor                : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *