Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PENINGKATAN PERAN MASYARAKAT DALAM REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN

PENINGKATAN PERAN MASYARAKAT DALAM REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN

BBPSIK Jogja -Sebagai upaya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam mendukung kegiatan penanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan di daerah Playen, Gunungkidul, BPDAS Serayu Opak Progo melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertempat di kantor RPK Kepek, BDH Playen (28/11).

Kegiatan sosialisasi dengan tujuan penguatan kapasitas kelembagaan RHL tersebut diperlukan dalam rangka memastikan peran dan fungsi masing-masing Lembaga yang terlibat dalam kegiatan RHL dapat berjalan secara optimal.

Dukungan kerja sama stakeholder sangat diperlukan termasuk BBPSIK Yogyakarta mulai dari kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat pelaksana RHL pada lokasi RHL T-1 pada lokasi HKm dan lokasi KHDTK Gunungkidul.

       

Pembukaan dan sambutan Kepala BPDAS SOP disampaikan oleh Kepala Seksi Penguatan Kelembagaan DAS BPDAS SOP, Bapak Elma, S.Hut., M.Si. Disambung paparan beliau tentang Penguatan Kelembagaan dalam mendukung RHL.

Paparan dilanjutkan dengan Manfaat Registrasi Kelompok Tani Hutan yang disampaikan oleh A.Hendrawan Ervi Sumarah, S.Hut., Penyuluh Kehutanan Dinas LHK DIY. Kemudian dilanjut paparan terkait Mekanisme Pelaksanaan RHL, Kontraktual RHL dan Geo Tagging Tanaman RHL yang disampaikan Parmita Widyaningrum, SP. dan Satwika Indri M.,S.Hut, serta Selayang Pandang Persemaian Permanen Bunder oleh Manajer Persemaian Permanen, Taufik Rahmadi, S.Hut dari BPDAS SOP.

Selain BBPSIK, BPDAS SOP pada acara sosialisasi tersebut mengundang Dinas LHK DIY, pendamping lapangan KTH pada lokasi HKm, KHTKm Handayani, KHTKm Sido Dadi, KHTKm Sedyo Makmur, KHTKm Sido Maju 2, KHTKm Ngudi Rejeki, KHTKm Wonorejo, dan KTH Penggarap KHDTK Gunungkidul Blok Playen.

Editor                : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *