Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

MAHASISWA INSTIPER SEMANGAT BELAJAR DI KHDTK WATUSIPAT BBPSIK

MAHASISWA INSTIPER SEMANGAT BELAJAR DI KHDTK WATUSIPAT BBPSIK

BBPSIK Jogja – Bertempat di salah satu Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus atau yang biasa dikenal dengan KHDTK milik BBPSIK yaitu KHDTK Watusipat Gunung Kidul, diselenggarakan Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Minggu 1 Oktober 2023. Kegiatan bertajuk Pelatihan Kalkulator Karbon ini merupakan bentuk pembelajaran bersama antara BBPSIK dan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Stiper Yogyakarta. Dipilihnya area KHDTK Watusipat Gunung Kidul karena KHDTK ini memiliki ekosistem area menyerupai hutan alami.

Kegiatan lapangan yang berisikan pengambilan data kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan hari sebelumnya. Dimana pada 30/09/23 diberikan pembekalan materi mengenai Keanekaragaman Hayati, Forest Integrated Assessment dan Kalkulator Karbon oleh Ir. Siti Maimunah, S.Hut., M.P., IPU, ASEAN Eng salah seorang dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Stiper Yogyakarta. Maman Sulaeman, S.Hut sebagai Ketua Tim Kerja Pengelolaan KHDTK Watusipat sekaligus seorang Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama, dan Mohamad Anis Fauzi, S.Hut., M.Sc salah seorang Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda dari BBPSIK berkesempatan turut dalam pendampingan pembelajaran di lokasi tersebut.

“Kedatangan teman-teman mahasiswa saat ini sangatlah tepat karena sekarang ini masih musim kemarau sehingga akan banyak sekali serasah jadi bisa dihitung karbonnya,” ungkap Maman dalam sambutannya. Lebih lanjut Maman menyampaikan bahwa kantor BBPSIK menyambut dengan tangan terbuka apabila nantinya ada dari mahasiswa yang tertarik melakukan penelitian diluar penelitian karbon. “Ada varietas lain seperti jati, nyamplung, podocarpus yang dapat dijadikan objek penelitian jadi silakan mengexplore KHDTK Watusipat ini namun pesan saya hindari api,” ujarnya.

Siti Maimunah selaku dosen dan koordinator kegiatan mengucapkan terima kasih kepada pihak BBPSIK yang telah menerima rombongan Instiper. “Rombongan mahasiswa Instiper ini akan praktik menggunakan tools ekosistem dimana tools ini untuk memudahkan dalam mendata dan memahami manfaat base line data perhutanan sosial sehingga harapan kedepannya baik dari pihak Instiper dan BBPSIK dapat berlanjut untuk rencana kegiatan yang lebih besar lagi,” jelas Siti.

Sejalan dengan Siti Maimunah dan Maman Sulaeman, Anis Fauzi juga menyampaikan bahwasannya penelitian di bidang karbon ini sekarang menjadi isu yang seksi di tengah perdagangan internasional dimana perdagangan kayu juga posisinya sekarang lesu. “Apabila nanti adik-adik mahasiswa tertarik dan menginginkan penelitian lebih lanjut dapat ke datang ke kantor BBPSIK,” tutur Anis diakhir sambutannya.

Mahasiswa Instiper semester 3 yang berjumlah ± 65 beserta dosen pendamping melakukan praktik pelatihan kalkulator karbon di area KHDTK Watusipat Gunungkidul tersebut dengan dibagi ke 10 plot dengan luasan 10,4 Ha. Sesuai janji Siti Maimunah di lapangan, hasil kegiatan ini langsung dpresentasikan kepada tim BBPSIK, Senin 2 Oktober 2023.

Lihat juga: Mahasiswa Instiper Semangat Belajar di KHDTK Watusipat BBPSIK (versi medsos)

 

Penyaji             : Uki Maharani P

Editor               : Rinto Hidayat

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : http://172.16.3.237/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube           : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *