Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

APAKAH JUDUL BERITA YANG MENARIK ITU HARUS “CLICKBAIT”?

APAKAH JUDUL BERITA YANG MENARIK ITU HARUS “CLICKBAIT”?

APAKAH JUDUL BERITA YANG MENARIK ITU HARUS “CLICKBAIT”?

BBPSIK Jogja – “Clickbait adalah teknik yang manjur untuk menarik pembaca, tetapi harus dipastikan bahwa isi berita harus sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam judul,” ujar Dwi Pela Agustina, S.I.Kom.,MA. Hal ini disampaikannya saat memaparkan materi Bimtek Penulisan Populer dan Penggunaan Drone di Bidang Kehutanan di ruang Cendana BBPSIK, Selasa (26/09/2023).

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta ini menjelaskan bahwa clickbait adalah penggunaan judul berita atau caption media sosial yang sangat menarik yang membuat orang penasaran karena judul tersebut menjanjikan sesuatu secara berlebihan, namun kadang-kadang isinya tidak sesuai yang dijanjikan pada judul.

Dwi Pella juga memaparkan secara gamblang tentang beberapa teori yang harus dipenuhi jika menulis sebuah berita diantaranya  5W + 1H  (What, Where, When, Why, Who dan How), fokus pemberitaan, nara sumber, data, observasi dan deadline. Namun yang lebih penting tidak hanya sekedar tahu teori saja tetapi praktiknya, seringlah berlatih menulis agar terampil membuat berita yang baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BBPSIK Dwi Prabowo Y.S. S.Si.,M.Sc.,Ph.D. dalam sambutannya di awal acara bahwa menulis populer dan penggunaan drone adalah keterampilan yang harus diasah, sehingga acara bimtek ini jangan sampai berhenti sampai disini, tetapi harus dipraktikkan dengan menyumbangkan tulisan atau konten untuk website dan media sosial yang ada.

Pembukaan oleh Kepala BBPSIK

“Selain keterampilan menulis, kita juga perlu meningkatkan keterampilan berbicara juga,” ungkapnya.

Peserta bimtek ini selain karyawan BBPSIK juga dihadiri oleh peserta dari  Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (UPT KLHK) di Yogyakarta. Peserta instansi lain tersebut adalah dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ), Balai Taman nasional Gunung Merapi (BTNGM), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS), dan Pos Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum LHK).

Acara yang di moderatori oleh Kepala Bagian Umum BBPSIK Henri Supriyanto, S.Hut, M.A.P  ini semakin menarik karena disela penyampaian materi peserta dipersilahkan bertanya dan sharing pengalaman dalam pengelolaan website dan media sosial masing-masing instansi.

Diskusi dengan narasumber

Pada hari pertama Bimtek ini, juga membahas penggunaan drone di sesi kedua dan akan dilanjutkan hari kedua hari Rabu 27 September 2023 dengan materi praktek penggunaan drone untuk konten media sosial dan pemetaan wilayah.(edl)

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email            : bbpsikjogja@gmail.com

Website        : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook      : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter                    : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube        : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *