Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

IKUTI RAKER PENERAPAN STANDAR, BBPSIK SIAP MENDUKUNG VALIDASI BORANG

IKUTI RAKER PENERAPAN STANDAR, BBPSIK SIAP MENDUKUNG VALIDASI BORANG

BBPSIK JogjaFocus Group Discussion (FGD) Penilaian Penerapan Standar Instrumen LHK Sektor ESDM, Industri, Pekerjaan Umum & Perumahan, Pariwisata yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari yaitu Kamis-Jumat, 14-15 September 2023 di Hotel Sangri-La, Surabaya. Kegiatan FGD ini didesain secara hybrid dengan dihadiri pembahas dari Direktorat PDLUK, SKK Migas perwakilan Jawa Timur maupun kantor dinas terkait lingkup Provinsi Jawa Timur dan peserta lingkup KLHK dan dari luar KLHK. Acara ini diselenggarakan dalam rangka melakukan akselerasi penerapan standar yang telah disusun BSILHK yang dilakukan oleh Balai Penerap Standar Instrumen.

Acara dibuka oleh Sekretaris Badan Standardisasi LHK dan dihadiri oleh 50 peserta offline dan 55 peserta via zoom meeting. Dalam sambutannya disampaikan bahwa tujuan dari FGD tematik berupa penguatan kualitas penerapan dan penilaian standar di 4 sektor, yaitu di ESDM, Industri, Pekerjaan Umum & Perumahan dan Pariwisata dari 12 sektor sesuai P4 tahun 2021.

Balai-balai lingkup BSILHK diminta memaparkan hasil penilaiannya meliputi standar yang dinilai, detail instrumen/borang yang dibangun, hasil penilaian dari 14 aspek parameter yang telah ditetapkan sesuai SK Nomor SK.20/BSI/SET.13/STD.0/7/2023, metode penyimpulan penilaian, bukti dukung (foto dan dokumen) dari setiap 14 parameter dimaksud, serta kesimpulan akhir dari 5 skala kualitas penerapan standar.

Balai Penerap diminta untuk menyusun borang sebagai turunan dari 14 parameter yang telah ditetapkan sesuai dengan izin usaha yang dipantau.

Dalam pertemuan ini disampaikan hal-hal terkait Progres Monitoring Evaluasi Pemantauan dan Penilaian Penerapan Standar Instrumen LHK dan Desain BSILHK Radar oleh Kepala Bagian PEHKT. Pada Hari pertama sesi 1 akan membahas terkait sektor ESDM dengan Pembahas dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur, SKK Migas Jabanusa, Dinas LH Provinsi Jawa Timur, Direktur PDLUK. Sesi 2 dari Sektor Industri dengan Pembahas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dan Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaan Hutan Berkelanjutan, Direktur PDLUK.

Hari ke-2 sesi 1 akan membahas terkait Sektor Pekerjaan Umum dan Perumahan dengan pembahasan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Provinsi Jawa Timur dan Dinas LH Provinsi Jawa Timur serta Direktur PDLUK. Sesi 2 dari Sektor Pariwisata dengan Pembahas Dinas Kebudayaan dan Pariwisatan Jawa timur dan Direktur PDLUK.

Sekretaris Badan Standardisasi Instrumen LHK, Dr. Nur Sumedi, S.Pi, M.Si menyampaikan bahwa dalam melakukan penilaian penerapan standar, balai tapak harus menyiapkan dokumen borang yang harapannya dokumen borang ini juga terstandar. Masih terdapat variasi dalam penentuan tool yang digunakan dalam penilaian.

Hal ini bertujuan untuk menghindari hasil yang bias. Balai Besar Pengujian Standar Instrumen (BBPSIK) Yogyakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Khuswantoro Akhadi, selaku Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian Standar Instrumen menyatakan kesediaannya untuk membantu melakukan validasi terhadap borang yang digunakan dalam penilaian penerapan yang disusun oleh balai penerap. Ini bertujuan agar metode, verifier dan penentuan skala dan pembobotan yang dilakukan lebih tepat.

Acara rapat kerja ditutup oleh Kepala Pusat Standardisasi Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim, Dr. Etty K Ginoga. Semoga kualitas penilaian penerapan standar instrumen yang dilaksanakan dapat lebih baik, lingkungan hidup dapat terjaga dan iklim usaha tetap berlanjut.

Lihat juga: Ikuti Raker Penerapan Standar, BBPSIK Siap Mendukung Validasi Borang (versi medsos BBPSIK)

Kontributor       : Khuswantoro A.

Foto                  : Khuswantoro A. & BSILHK

Penyaji             : Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : http://172.16.3.237/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter                         : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *