Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

SERTIFIKASI SUMBER BENIH BBPSIK, MENUJU HUTAN LESTARI, PRODUKTIF DAN BERKELANJUTAN

SERTIFIKASI SUMBER BENIH BBPSIK, MENUJU HUTAN LESTARI, PRODUKTIF DAN BERKELANJUTAN

BBPSIK Jogja – Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) BBPSIK Yogyakarta merupakan limpahan dari hasil kegiatan penelitian dan pengembangan pemuliaan tanaman hutan dan saat ini dijadikan sebagai laboratorium lapang dan juga sebagai standar penyediaan benih unggul tanaman hutan. Salah satu keunggulan KHDTK adalah tersimpan di dalamnya Sumber Daya Genetik (SDG) unggulan yang harus dipertahankan base line genetiknya dari kerusakan.

KHDTK Wonogiri dan KHDTK Playen Gunungkidul memiliki brending sebagai kawasan hutan penyedia benih unggul untuk penghasil produk hasil hutan sebagai bahan baku pulp dan kertas, kayu pertukangan, kayu energi, biofuel, biofarmaka, serta penghasil atsiri. Potensi sumber materi genetik tersebut sangat kuat dapat mendukung pembangunan hutan lestari, produktif dan berkelanjutan. Sumber benih tersebut tentunya perlu dilegalitaskan dan mendapatkan pengakuan dari instansi yang berwenang, dalam hal ini adalah Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I Palembang. Dengan kegiatan sertifikasi sumber benih yang dilakukan, merupakan salah satu memenuhi sebagai syarat supaya benih tersebut dapat diedarkan dan mendapatkan jaminan mutunya.

Beberapa sumber benih yang sudah bersertifikat yang dimiliki BBPSIK telah mengalami masa kadaluwarsa dan juga ada skema pengajuan baru untuk beberapa sumber benih yang ada di KHDTK. Dalam rangka kegiatan sertifikasi sumber benih tersebut, salah satu dari tim pengelola KHDTK Wonogiri yang diwakili oleh Surip, S.Hut., M.Sc yang dilaksanakan tanggal 5-8 September 2023 melakukan koordinasi dan konsultasi ke BPTH Wilayah I Palembang, dengan maksud untuk pengajuan perpanjangan dan pengajuan baru sertifikasi pada 6 (enam) sumber benih yang di KHDTK Wonogiri dan Gunungkidul.

Sumber benih yang akan diajukan untuk disertifikasi tersebut: 1) Kebun Benih Semai (KBS) generasi dua (F-2) jenis jenis Eucalyptus pellita, 2) KBS generasi ketiga (F-3) jenis Acacia mangium, 3) KBS generasi kedua (F-2) jenis Acacia auriformis, 4) KBS generasi kedua (F-2) jenis Melaleuca cajuputi, 5) Kebun Benih Klon (KBK) jenis Melaleuca cajuputi dan Tegakan Benih Provenans (TBP) jenis Nyamplung.

KHDTK Playen Gunungkidul memiliki plot sumber benih unggul diantaranya adalah Kebun Benih Semai (KBS) generasi kedua (F-2) jenis Acacia auriculiformis, Kebun Benih Semai (KBS) generasi kedua (F-2) jenis Melaleuca cajuputi dan Kebun Benih Klon (KBK) jenis Melaleuca cajuputi dengan total luasan 2,58 hektar, saat ini sedang dalam proses penilaian untuk sertifikasi sumber benih. Penilaian dilakukan oleh tim dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah 1 Palembang, Tim dari UPTD Balai Perbenihan Kehutanan Dinas LHK Yogyakarta dan dari akademisi UGM yaitu Dr. Sapto Indrioko, S.Hut. M.P. pada Kamis 14 September 2023.

Ketua Tim Kerja Pengelola KHDTK Playen Gunungkidul, Dwi Siwi Yuliastuti, S.Hut. menjelaskan bahwa kegiatan sertifikasi ini merupakan salah satu langkah menuju KHDTK mandiri yang mampu menghasilkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui penjualan benih berkualitas unggul dan bersertifikat.

Selanjutnya pada tanggal 15 September juga dilakukan kegiatan yang sama, yaitu sertifikasi sumber benih yang ada di KHDTK Wonogiri, diantaranya adalah Kebun Benih Semai (KBS) generasi kedua (F-2) jenis Eucalyptus pellita, Kebun Benih Semai (KBS) generasi ketiga (F-3) jenis Acacia mangium dan Tegakan Benih Provenan (TBP) jenis Nyampung (Calophyllum inophyllum) dengan total luasan 7,94 hektar. Penilaian dilakukan oleh tim yang sama dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah 1 Palembang, Tim dari UPTD Balai Perbenihan Kehutanan Dinas LHK Jawa Tengah dan dari akademisi UGM yaitu Dr. Sapto Indrioko, S.Hut. M.P.

Menurut Surip ada beberapa point penting dalam penggunaan benih bermutu dan bersertifikat, diantaranya adalah 1) Terjaminnya sumber genetiknya; 2) Terjaminnya mutu fisik benih; 3) Mudah di tracking asal-usul benihnya; 4) Terjaminnya mutu produk.

Kegiatan sertifikasi sumber benih ini merupakan salah satu hasil kerja sama melalui Corporate Social Responsibility (CSR) Koperasi Wamantari Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan Yogyakarta.

Kontributor       : Surip, S.Hut, M.Sc. dan Dwi Siwi Yuliastuti, S.Hut.

Lihat juga: Sertifikasi Sumber Benih BBPSIK, Menuju Hutan Lestari, Produktif Dan Berkelanjutan (versi medsos BBPSIK)

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : http://172.16.3.237/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter                         : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *