Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PERINGATAN HARI KONSERVASI ALAM NASIONAL UPT KLHK LINGKUP DIY

PERINGATAN HARI KONSERVASI ALAM NASIONAL UPT KLHK LINGKUP DIY

BBPSIK Jogja – Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2023, BKSDA Yogyakarta mengadakan Sarasehan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati yang dihadiri oleh para pejabat fungsional lingkup UPT-UPT KLHK (PEH, Polhut dan Penyuluh Kehutanan) yang berada di Yogyakarta dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DIY (10/8). Dari BBPSIK diwakili oleh Maman Sulaeman S.Hut dan Suwandi, S.Hut.

Sarasehan tersebut mengangkat tema Konservasi spesies Burung Gelatik Jawa yang terancam punah. Burung Gelatik Jawa (Lonchura oryzivora) merupakan burung endemik Jawa dan Bali yang sekarang ini sudah jarang ditemui. Akibat perburuan dan diperjualbelikan untuk binatang peliharaan sehingga populasi di alam sudah semakin berkurang.

Dalam sarasehan tersebut juga menghadirkan pembicara dari pemerhati burung Gelatik Jawa di wilayah DIY yaitu Ir. Ignatius Pramana Yudha, MS., Ph.d dan Irfan Rosyadi, S.Si. Mereka memaparkan hasil penelitian dan pengamatan bahwa burung Gelatik selain bisa ditemukan di alam terbuka juga bisa juga berada di perkotaan, akan tetapi jumlah populasinya cenderung menurun. Selain itu seiring dengan penurunan populasi juga mengalami penurunan variasi genetik. Untuk itu perlu ada tindakan konservasi untuk melindungi kelangsungan Burung Gelatik endemik Jawa Bali tersebut.

Pengelolaan konservasi dengan melibatkan masyarakat sangat diperlukan, langkah nyata adalah dengan dibentuknya kelompok pencinta burung Gelatik dan menerapkan Perdes mengenai larangan untuk berburu burung.

Acara Sarasehan dilaksanakan di TWA Batu Gamping, Amberketawang, Sleman kemudian dibuka oleh Kepala BKSDA Yogyakarta, Bapak Lukita Awang Listyantara, S.Hut., M.Si.

Kontributor       : Maman Sulaeman, S.Hut dan Suwandi, S.Hut

Penyaji             : Maya R.

Editor               : Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website : http://172.16.3.237/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *