Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

SUMBER BENIH UNGGUL KHDTK WONOGIRI DIMINATI PELAKU USAHA KEHUTANAN UNTUK PENGEMBANGAN HTI DILUAR JAWA

SUMBER BENIH UNGGUL KHDTK WONOGIRI DIMINATI PELAKU USAHA KEHUTANAN UNTUK PENGEMBANGAN HTI DILUAR JAWA

BBPSIK Jogja – Setelah potensi benih KHDTK Wonogiri dilirik dan dikunjungi PT Wana Subur Lestari (WSL) pada 2-3 Agustus 2023 lalu, kembali potensi tersebut dilirik oleh PT. Rizki Kacida Reana (RKR) yang merupakan perusahaan pemegang izin pemanfaatan hutan pada kawasan hutan lindung maupun hutan produksi pada tanggal 9-10 Agustus 2023.

Tim kunjungan PT. RKR tersebut terdiri atas Bapak Ir. Takariadi (Site Manager di Kab. Berau dan Kab. Bulungan), Bapak. Mukti Wibawa (Perwakilan Manajemen), Bapak Risman Wahyudi, SE (Keuangan) dan Bapak Eddy Irianto MH. (Manager Kelola Lingkungan & K3).

Disampaikan oleh Ketua Tim bahwa kewajiban sebagai pemegang izin berusaha pemanfaatan hutan, yaitu adanya kegiatan multi usaha kehutanan. Salah satu upaya melaksanakan Multi Usaha Kehutanan ini adalah dengan mengembangkan jenis-jenis fast growing species pada lokasi konsesi PT RKR yang berada di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Selatan dan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Untuk memperoleh sumber benih cepat tumbuh yang benar dan teruji maka kunjungan ke KHDTK Wonogiri ini diharapkan memenuhi kebutuhan karena diketahui bahwa di KHDTK Wonogiri ini terdapat plot-plot pemuliaan untuk produksi benih unggul yang sampai saat ini masih terpelihara dan masih dilakukan pengembangannya sebagai KHDTK sumber benih unggul.

Selain tujuan penjajagan untuk memanfaatkan benih unggul yang ada di KHDTK Wonigiri, PT RKR juga ingin mendapatkan informasi secara teknis cara penanganan benih serta budi daya jenis cepat tumbuh tersebut.

Pada kunjungan ini Tim pendamping dari BBPSIK adalah Surip, S. Hut, M. Sc dan Fasis Mangkuwibowo, S. Hut, M. Sc serta Didik Indriatmoko sebagai petugas lapangan dengan mengunjungi plot KBS F1 jenis Jabon; KBS F2 jenis Eucalyptus pellita; KBS F1, F2 dan F3 jenis Acacia mangium; dan KB Acacia hibrida.

Dalam diskusi di lapangan lebih lanjut disampaikan dari pendamping mengenai potensi pemanfaatan benih unggul yang akan memberikan volume produksi yang akan menguntungkan dibandingkan menggunakan benih yang tidak dimuliakan.

 

Kontributor berita: Fasis Mangkuwibowo

Penyaji & Editor : Rinto Hidayat

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *