Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

VALIDASI SUMBER BENIH UNTUK PENYUSUNAN DATABASE BENIH UNGGUL NASIONAL

VALIDASI SUMBER BENIH UNTUK PENYUSUNAN DATABASE BENIH UNGGUL NASIONAL

BBPSIK Jogja – Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Blok Playen dengan branding penghasil Atsiri dengan luas areal 102,5 hektar yang berada di Kecamatan Playen, Gunungkidul. Melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo (BPDAS SOP) akan disusun database benih unggul tanaman hutan nasional.

KHDTK Blok Playen memiliki potensi sumber benih unggul untuk jenis Kayu putih (Melaleuca cajuputi), dengan standar kelas sumber benih Kebun Benih Semai (KBS) generasi kedua (F2) dan Kebun Benih Klon (KBK). Untuk mendukung hal tersebut pada tanggal 21 Juli 2023 lalu telah dilakukan monitoring areal sumber benih unggul tanaman hutan blok Playen bersama BBPSIK-BPDAS SOP, dengan tujuan mengecek legalitas dokumen kebun benih dan potensi produksi benih setiap tahunnya.

Tim yang melaksanakan kegiatan ini adalah Alin Maryanti dan Surip, S.Hut.,M.Sc (BBPSIK) serta Tri Susmalinda, S.Si, Nani Nurcahyawati, S.Hut dan Nur Habib (BPDAS SOP). Informasi sumber benih KBS generasi kedua (F2) jenis Kayu putih (Melaleuca cajuputi) dengan jumlah famili yang diuji sebanyak 65 famili dan KBK dengan jumlah klon yang diuji sebanyak 30 klon dengan asal provenans Ambon, Buru, Seram, Australia, Ponorogo (Jatim) dan Gundih (Jateng).

Kedua sumber benih tersebut akan menghasilkan materi genetik benih unggul jenis minyak atsiri Kayu putih dengan kandungan cineol yang cukup tinggi. Untuk memperkuat legalitas kedua sumber benih tersebut, telah ditunjuk dan disertifikasi oleh Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I Palembang, Sumatera Selatan, dengan dikeluarkan sertifikat sumber benih No: 010/BPTH.I-3/SSB/2018 (KBK) dan No: 011/BPTH.I-3/SSB/2018 (KBS) pada tanggal 5 September 2018. Jenis Kayu putih ini akan berbuah dua kali setahun pada bulan Maret dan bulan Juli dengan potensi produksi benih sebanyak 50 gram per pohon.

Kontributor     : Alin Maryanti dan Surip, S.Hut., M.Sc.

Editor             : Rinto Hidayat

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *