Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

VALIDASI RSNI MENARA PAMANTAU API

VALIDASI RSNI MENARA PAMANTAU API

BBPSIK Jogja – “Salah satu tupoksi BBPSIK adalah validasi rancangan standar, nah untuk melakukan validasi ini bisa dilakukan dengan melihat data yang ada serta melihat best practice yang telah dilakukan. Seperti hari ini nanti akan kita dengarkan best practice dari Riau dan Kalimantan yang telah lama melaksanakan penanganan kebakaran hutan,” ungkap Dwi Prabowo YS Kepala Balai Besar PSIK pada saat membuka acara Validasi Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) dan sharing informasi terkait menara api di Ruang Cendana, Selasa 4 Juli 2023.

Acara yang yang dipimpin oleh Kepada Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian kesesuaian Standar Instrumen BBPSIK Khuswantoro Akhadi, S.Hut., MAP. ini berlangsung secara luring dan daring menggunakan media zoom meeting.

Diro Eko Pramono, S.Hut.T, Pengendali Ekosistem Hutan Muda BBPSIK mendapatkan kesempatan pertama untuk menyampaikan Rencana Validasi RSNI Menara Pemantau Api dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Lahan Mineral. Diro menyampaikan tahapan validasi yang akan dilaksanakan, spesifikasi standar Menara api serta prosedur pembangunan menara api.

Sharing tentang kegiatan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan BPSILHK Kuok disampaikan langsung oleh Bapak Kepala Balai Priyo Kusumedi, S.Hut.,M.P. Priyo yang hadir secara faktual di Ruang Cendana BBPSIK menceritakan secara gamblang bagaimana pengendalian karhutla yang dilakukan tidak hanya oleh BPSILHK saja tetapi ada banyak lembaga yang terlibat diantaranya Masyarakat Peduli Api (MPA), PPI-Manggala Agni, pelaku usaha (Perusahaan), Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satgas Karhutla Provinsi. “Menara pemantau api adalah termasuk tindakan preventif dalam penanggulangan karhutla,” kata Priyo.

Sharing kedua tentang capaian kegiatan karhutla BPSILHK Banjarbaru disampaikan secara virtual oleh Kepala Balai Sujarwo Sujatmiko, S.Hut., M.Sc. dan dilanjutkan penjelasan teknis oleh Eko Sutrisno, S.P.,M.Si. sebagai pelaksana kegiatan pengendalian dan penilaian penerapan standar instrumen (produk dan prosedur) kebakaran hutan dan lahan di lahan gambut BPSILHK Kuok.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan sesi diskusi untuk menjaring masukan terkait validasi RSNI Menara pemantau api. Berbagai informasi terkait dengan filosofi substansi yang ada dalam RSNI dan temuan penerapannya di lapangan yang telah disampaikan oleh BPSI LHK Kuok, Banjarbaru dan juga Palembang akan digunakan sebagai bahan dalam pelaksanaan validasi oleh tim validasi RSNI Menara Pemantau Api lebih lanjut.

Penyaji : Endang DL.

Editor  : Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email         : bbpsikjogja@gmail.com

Website     : http://172.16.3.237/

Instagram  : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook   : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter       : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube     : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *