Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

MEMBANGUN MENTAL SPIRITUAL KELUARGA BBPSIK MELALUI CERAMAH KEAGAMAAN

MEMBANGUN MENTAL SPIRITUAL KELUARGA BBPSIK MELALUI CERAMAH KEAGAMAAN

BBPSIK Jogja – Kamis (04/05/2023) bertempat di Selasar Kantor BBPSIK, diselenggarakan kegiatan Halal Bihalal/ceramah keagamaan untuk membangun mental dan spiritual karyawan, karyawati serta dharma wanita BBPSIK. Rangkaian acara diawali dengan melebur bersama saling memohon maaf dengan berjabat tangan antar seluruh anggota keluarga BBPSIK.

Pada kegiatan ini, Dwi Prabowo YS, S.SI, M.Sc, Ph.D selaku Kepala BBPSIK berkenan memberikan beberapa patah kata untuk membuka acara.

”Selama berinteraksi banyak hal serta perkataan yang bisa saja kurang berkenan, maka saya dari lubuk hati yang terdalam memohon maaf lahir batin,” tuturnya.

Bapak Dwi Prabowo menambahkan bahwasannya dalam kita bekerja diibaratkan kita berada dalam sebuah keluarga, dalam berkomunikasi atau dalam bertindak pastinya kita pernah saling bergesekan, karena itulah dalam nuansa idul fitri yang baik ini kiranya kita dapat saling memaafkan.

”Nanti kita juga akan mendengarkan nasihat dari Ustaz Iwan Supriatna, S.Ag., M.Si semoga akan banyak nilai serta ilmu yang kedepannya dapat memberikan pencerahan untuk kita semua,” tambah Bapak Dwi Prabowo.

Dalam kegiatan ini, keluarga BBPSIK berkesempatan mendengarkan ceramah dari Ustaz Iwan Supriatna, S.Ag., M.SI.

”Saya merasakan kebahagiaan yang tidak terhingga dapat berada di tengah-tengah keluarga BBPSIK”, ungkap Ustaz Iwan menggambarkan kegembiraannya.

Ustaz Iwan menyampaikan bahwa bulan Ramadan yang baru saja berlalu merupakan madrasah bagi semua umat Islam, dimana pada waktu itu semuanya akan berlomba-lomba beribadah untuk mencari keridhoan Allah.

”Janji Allah apabila seseorang sudah melaksanakan ibadah di bulan Ramadan maka dia akan diampuni segala kesalahannya, kemudian di bulan Syawal ini diharapkan kita dapat meningkat ketaqwaan, karena orang yang paling mulia dihadapan Allah adalah orang yang paling bertaqwa,” terangnya.

Selain itu, ustaz Iwan juga menjelaskan makna harfiah dari Halal Bihalal dimana kegiatan ini bermaksud menghalalkan atau membaikkan segala sesuatu.

”Apabila ada sesuatu (bisa jadi yang masuk ke tenggorokan atau yang lainnya) yang belum halal (baik) maka dapat dibuat menjadi halal (baik) kemudian dapat diteruskan dengan saling memaafkan,” lanjutnya.

Diakhir sesi ustaz Iwan menyampaikan bahwa Ramadan sudah berlalu, semoga tidak timbul hal-hal yang buruk di hati dan perilaku kita agar dalam kehidupan kedepan kita mendapatkan keridaan dan keberkahan.

Dalam rangkaian kegiatan, selain mendengarkan ceramah, dilantunkan juga ayat suci Al-Quran oleh Abdul Azis, salah seorang karyawan BBPSIK. Tak ketinggalan untuk memeriahkan acara, dibagikan doorprize dari Koperasi Wamantari untuk peserta beruntung dan bisa menjawab pertanyaan dari Ustaz.

     

Penulis : Uki MP.

Editor  : Rinto H.

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *