Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PEMBINAAN PEGAWAI BBPSIK 2023 – GUYUP RUKUN AGAWE SANTOSA

PEMBINAAN PEGAWAI BBPSIK 2023 – GUYUP RUKUN AGAWE SANTOSA

BBPSIK Jogja – Serangkaian agenda keseruan disusun oleh BBPSIK dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2023, salah satunya yaitu Pembinaan Pegawai yang diselenggarakan pada Selasa dan Rabu, 14-15 Maret 2023 di Tawangmangu, Jawa Tengah. Acara pembinaan pegawai ini diisi dengan beberapa kegiatan seru seperti fun games berkelompok yang harapannya dapat memupuk rasa guyup, kebersamaan, solidaritas antar seluruh pegawai BBPSIK serta agar jiwa korsa rimbawan tetap berkobar.

Henri Supriyanto, S.Hut.T., M.A.P. selaku Kepala Bagian Umum BBPSIK dalam sambutannya mengawali kegiatan fun games mengatakan bahwa dalam kegiatan ini diharapkan seluruh pegawai berpartisipasi dan fokus mengikuti rangkaian acara pembinaan yang dikemas dalam outbond maupun materi dari narasumber yang pastinya dalam kemasan yang menarik.

”Kita santai dulu ya, kita bersama-sama nikmati permainannya dahulu,” ujar Henri.

Sejalan dengan itu, Bapak Dwi Prabowo YS, PHd selaku Kepala BBPSIK berkesempatan juga menyapa ditengah-tengah kesibukannya menghadiri beberapa agenda acara yang bertepatan dengan rangkaian Hari Bakti Rimbawan KLHK 2023.

Bapak Bowo biasa disapa juga menyampaikan bahwasannya beliau menyempatkan diri menyusul sejenak diantara padatnya jadwal dikarenakan kecintaan beliau pada seluruh pegawai BBPSIK.

”Walaupun saya tidak bisa membersamai kegiatan pembinaan dari awal sampai akhir, namun, saya rela kesini karena saya cinta dengan semuanya,” ungkap Bapak Bowo.

Are you happy?” tanya Bapak Bowo yang langsung dijawab happy oleh seluruh peserta dengan suara lantang.

Tidak ketinggalan salah satu agenda yang dilakukan adalah memberikan secara langsung Penghargaan Arsiparis Teladan Kategori Keahlian pada KLHK Tahun 2023 oleh Bapak Bowo kepada salah seorang pegawai BBPSIK.

Astoto Nugroho., S.ST.Ars ini merupakan Pemenang Penghargaan Arsiparis Teladan Kategori Keahlian pada KLHK Tahun 2023. Besar harapan bahwa penghargaan ini menjadi pemicu untuk pegawai BBPSIK yang lainnya untuk dapat berinovasi lebih lagi.

Diakhir sesi, Bapak Bowo juga menyampaikan sedikit pesan dalam bentuk video dari Bapak Wakil Menteri KLHK, Alue Dohong, Phd. Bapak Wamen KLHK menyampaikan bahwa perubahan institusi dari Penelitian dan Pengembangan menjadi Pengujian Standar Instrumen membuat kita untuk membuka diri, untuk belajar hal-hal baru, terus semangat perdalam ilmu. Intinya kita harus Sukses, Sehat dan Semangat.

Keseruan berlanjut di hari berikutnya, dimana pada kesempatan tersebut dihadirkan pihak dari Rumah Atsiri Indonesia serta motivator dari Rumah Zakat Jogja. Kegiatan ini selain untuk peningkatan SDM juga dapat memberikan semangat serta motivasi untuk seluruh pegawai.

Para peserta cukup bersemangat mendengarkan penjelasan dari Rumah Atsiri Indonesia (RAI). Etis pihak dari RAI mengawali dari sejarah minyak atsiri sampai demo pembuatan sabun cair dengan bahan ramah lingkungan. Selanjutnya, Iwan dari Rumah Zakat juga memberikan pembekalan mengenai esensi dari kata rekreasi. Karena harapannya, setelah acara pembinaan ini seluruh pegawai dapat kembali berkreasi dalam setiap lini bidangnya.

”Kita sebagai manusia juga jangan takut akan suatu perubahan, karena perubahan itu suatu hal yang wajar dalam suatu tatanan kehidupan apalagi dalam suatu organisasi,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan bahwa 3 modal utama dari suatu organisasi adalah sistem, produk dan Sumber Daya Manusia. SDM ini merupakan suatu modal yang sangat berharga sehingga perlu diasah dan dilatih dengan kegiatan seperti pembinaan. Rangkaian pembinaan BBPSIK yang dimulai dengan outbond, pelatihan dan peningkatan motivasi dari beberapa narasumber akan mampu mendongkrak kreasi dan kreativitas dari para pegawai.

Walaupun harus menempuh perjalanan darat yang cukup panjang, namun seluruh pegawai BBPSIK nampak menikmati. Hal ini terlihat dari keseruan dari para pegawai yang saling bertukar canda tawa serta tak letihnya menyumbangkan suara-suara emasnya untuk menghibur para rekan-rekannya.

Penulis : Uki MP

Editor  : Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : http://172.16.3.237/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *