Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

MENDAPAT DUKUNGAN STAKEHOLDER, BBPSIK UPAYAKAN PENINGKATAN KUALITAS REKOMENDASI TINDAKAN KOREKTIF STANDAR

Pada 19 Agustus 2024, telah diselenggarakan Diskusi Strategi Peningkatan Kualitas Rekomendasi Tindakan Korektif yang dilaksanakan secara daring. Hadir dalam acara tersebut perwakilan satker BSILHK sebagai stakeholder terkait. Pada kesempatan pembukaan Kepala Balai Besar,  Dwi Prabowo Yuga Suseno menyampaikan bahwa saat ini BSILHK sedang menuntaskan target penetapan 100 Standar oleh Menteri LHK.

Sampai dengan saat ini realisasinya belum sesuai harapan. Saat ini BPSLHK, selaku pelaksana uji terap sedang bekerja keras di lapangan. Sementara itu tugas BABES adalah menyusun tindakan korektif standar berdasarkan hasil uji terap.  Dalam upaya optimalisasi rekomendasi tindakan korektif Babes Jogja (BBPSIK) akan melakukan perbaikan-perbaikan, diantaranya adalah perbaikan tata kelola/proses tahapan penyusunan rekomendasi termasuk metode analisis dan parameter kecukupan sampel. Hal ini penting mengingat hasil rekomendasi sangat ditentukan oleh data yang masuk, tahapan pengolahan, analisisnya, dan kecukupan sampelnya.

Data yang masuk dalam Line Performa, kami yakin sudah jauh lebih baik. Data dan informasi yang disajikan jauh lebih lengkap, lebih informatif dan lebih mendalam. Kabid PVMVPKSI yang menginisiasi kegiatan tersebut menyatakan bahwa jika rekomendasi yang berkualitas tentunya akan berimplikasi pada standar yang dihasilkan juga lebih berkualitas. Dengan standar yang berkualitas maka tentunya lingkungan hidup akan terkelola dan terjaga dengan baik.

Kepala BPSILHK Bogor, menyatakan dukungan penuh terhadap upaya yang akan dilakukan. Balai selaku yang melaksanakan uji terap berharap bahwa hasil temuan di lapangan dapat dianalisis oleh Babes dan hasilnya menjadi rumusan tindakan korektif. Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala BPSILHK Kuok, Priyo Kusumedi yang menyatakan bahwa komunikasi dan koordinasi perlu dilakukan lebih intens agar jika terdapat data yang kurang dapat langsung dilengkapi oleh satker.

Masukan dan saran yang disampaikan pada saat diskusi  akan menjadi bahan dalam pelaksanaan aksi perubahan ini.

Dukungan stakeholder ini menjadi penyemangat bagi BBPSIK Jogja untuk melakukan perbaikan-perbaikan  terutama berkaitan dengan tindakan korektif.  Terima kasih, Salam validasi.

 

Kontributor       : Khuswantoro A.

Penyaji             : Dewi Sartika

 

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@menlhk.go.id

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://x.com/bbpsik_jogja

Youtube            : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *