Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BIMTEK PENANGANAN DAN PENGUNDUHAN BENIH TANAMAN HUTAN DISHUT PROV. KALTIM

BIMTEK PENANGANAN DAN PENGUNDUHAN BENIH TANAMAN HUTAN DISHUT PROV. KALTIM

BBPSIK Jogja – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur telah melakukan penunjukan terhadap sumber benih jenis tanaman hutan yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur. Sesuai standar SNI 8862 tahun 2020 terkait penilaian sumber benih maka para pengelola sumber benih harus dibekali pengetahuan tentang bagaimana mengelola sumber benih, penanganan dan pengunduhan benih yang baik dan benar.

Untuk mendukung kegiatan tersebut melalui Seksi Pembenihan Tanaman Hutan pada Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Dinas Kehutanan Prov. Kaltim mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Teknik Penanganan dan Pengunduhan Benih Tanaman Hutan yang diadakan pada tanggal 7 Maret 2024 di Hotel Grand Elty Singgasana Jalan Pahlawan Bukit Biru Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Adapun narasumber kegiatan Bimtek tersebut adalah Surip, S,Hut., M.Sc (BBPSIK Yogyakarta) dan Muhamad Rojikun, S.Hut (BBPSILH Samarinda). Acara dibuka oleh Kepala Bidang Perbenihan Dinas Kehutanan Prov. Kaltim Bpk. Subiantoro, S.Hut. M.Sc. dan dihadiri oleh sekitar 85 peserta undangan lingkup pelaku usaha bibit dan pengelola sumber benih se-Kalimantan Timur.

Setelah sumber benih tersebut mendapatkan sertifikat dari Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim langkah selanjutnya adalah mengola dengan baik sumber benih tersebut supaya fungsinya dapat mendukung pembangunan hutan berkelanjutan di Kalimantan Timur dan sekitarnya. Adapun kegiatan pengelolaan sumber benih meliputi: 1) pemeliharaan sumber benih, 2) pengunduhan benih, 3) penanganan benih (pengeringan, pengepakan, pengujian, pelabelan), 4) penyimpanan, 5) persemaian, 6) pembibitan, 7) penanaman.

Kontributor       : Surip

Editor               : Rinto H.

 

Lihat juga berita media sosial: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *