Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BBPSIK RAIH PENGHARGAAN SATKER TERBAIK WILAYAH JAWA LINGKUP KLHK

BBPSIK RAIH PENGHARGAAN SATKER TERBAIK WILAYAH JAWA LINGKUP KLHK

BBPSIK Jogja – IKPA adalah amanat dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018, dimana disana diatur monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga.  IKPA atau Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran sendiri adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan. IKPA digunakan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kualitas implementasi perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan dan kualitas hasil anggaran.

Nilai IKPA KLHK pada tahun 2023 mencapai 91,52 dari target 92 poin. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab turunnya nilai ini antara lain pada kurang selarasnya proses perencanaan dengan pelaksanaan anggaran sehingga berdampak pada tidak optimalnya capaian IKPA.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62 Tahun 2023 tentang Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran serta Akuntansi dan Pelaporan Keuangan bahwa sebagai instrumen penganggaran berbasis kinerja, Kementerian Keuangan melakukan evaluasi kinerja anggaran pada seluruh Kementerian Negara/Lembaga atas fungsi akuntabilitas dan peningkatan kualitas. Penilaian oleh Kemenkeu bertujuan untuk memberikan bukti dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran belanja serta untuk mengukur efektifitas dan efisiensi atas pelaksanaan anggaran guna mewujudkan belanja berkualitas dengan tata kelola yang berfokus pada value for money dan akselerasi belanja negara. Untuk meningkatkan komitmen pimpinan unit kerja terhadap tata kelola keuangan yang baik sebagai upaya mendukung pencapaian target Nilai Kinerja Anggaran (NKA).

Dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Jawa, (04/03/24), disampaikan bahwa Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) berhasil memperoleh nilai 97,49 (Sangat Baik). Dari capaian tersebut membuat BBPSIK mendapatkan penghargaan sebagai satuan kerja yang memiliki nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Kedua Wilayah Jawa TA. 2023.

Penghargaan diberikan langsung oleh Plt. Kepala Biro Keuangan KLHK, Drs. Maman Kusnandar, M.M kepada Kepala BBPSIK, Dwi Prabowo Yuga Suseno, S.Si., M.Sc., Ph.D. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim BBPSIK Yogyakarta baik tim umum maupun teknis yang sangat solid dan kompak sehingga memungkinkan diperolehnya penghargaan ini,” ungkap Dwi Prabowo.

Sebelumnya KPPN Yogyakarta memberikan piagam penghargaan kepada BBPSIK sebagai satker dari 7 satker KLHK di wilayah kerja KPPN Yogyakarta dengan capaian IKPA berpredikat Sangat Baik, dengan nilai sebesar 97,49 dan mengalami peningkatan nilai sebesar 3,54 dari tahun 2022.

Selanjutnya pada (05/03/24) Bapak Bowo biasa disapa diberikan kesempatan untuk sharing success story. Dalam sharingnya Bapak Bowo menyampaikan bahwa selama ini Beliau selalu berpesan kepada seluruh teman-teman BBPSIK supaya ketika bekerja harus selalu mengikuti peraturan dengan sebaik-baiknya. Ketika kita diberikan peran itu jangan merasa berkecil hati karena semua peran dalam suatu organisasi penting. “Sekecil apapun peran itu memiliki pengaruh terhadap jalannya suatu organisasi,” tutupnya.

Kontributor       : Abdul Azis

Penyaji             : Uki Maharani Pamukti

Editor               : Rinto Hidayat

Lihat juga: BBPSIK Mendapat Piagam Penghargaan dari KPPN Yogyakarta

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *