Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

KAJI BANDING PENGELOLA KHDTK UNIVERSITAS DIPONEGORO KE KHDTK GUNUNGKIDUL

KAJI BANDING PENGELOLA KHDTK UNIVERSITAS DIPONEGORO KE KHDTK GUNUNGKIDUL

BBPSIK Jogja – Tim Pengelola Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Diponegoro baru-baru ini melakukan kaji banding ke KHDTK Gunungkidul. Hal ini dilakukan terkait dengan program peningkatan kualitas pengelolaan KHDTK Universitas Diponegoro.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Sebelumnya pada hari pertama Tim Pengelola KHDTK Universitas Diponegoro melakukan pertemuan dan diskusi dengan para pejabat struktural BBPSIK dan Pengelola KHDTK. Prof. Sri Puryono menyampaikan apresiasi kepada Kepala BBPSIK karena BBPSIK yang menyambut tim Undip begitu banyak dan penuh semangat berbagi di ruang Cendana BBPSIK.

Paparan terkait perkembangan pengelolaan KHDTK yang dikelola BBPSIK disampaikan oleh Khuswantoro Akhadi, selaku Kepala Bidang 2 BBPSIK. Beliau menyampaikan pula secara lebih detail pengelolaan KHDTK Playen Gunungkidul yang menjadi obyek kunjungan lapangan Prof. Sri Puryono dan tim. Kunjungan lapangan dilaksanakan pada hari berikutnya, Selasa (10/10/23).

       

Di lokasi KHDTK Playen Gunungkidul rombongan yang dipimpin langsung oleh kepala Kantor KHDTK Undip, Prof. Sri Puryono ini berdiskusi bagaimana BBPSIK melakukan pengelolaan KHDTK termasuk kegiatan sosial ekonomi yang melibatkan masyarakat sekitar KHDTK. Sedangkan tim dari BBPSIK yang mendampingi adalah Dwi Siwi Yuliastuti, S. Hut. (Penyuluh Kehutanan Ahli Muda), Prastyono, S. Hut., M.Sc. (PEH Ahli Madya) dan Alin Maryanti (PEH Penyelia) sebagai narasumber, dan petugas lapangan yaitu Sunaryanta.

Dwi Siwi Yuliastuti, S. Hut. Yang juga merupakan Ketua Tim Kerja Pengelolaan KHDTK Gunungkidul Blok Playen, menjelaskan bahwa saat ini branding KHDTK tersebut adalah sebagai Laboratorium Lapang Uji Validasi Standar Pemanfaatan HHBK Minyak Atsiri dan sebagai model pemberdayaan masyarakat pada pengembangan genetik unggul penghasil atsiri. Sebelumnya KHDTK ini merupakan KHDTK dengan tujuan khusus untuk penelitian dan pengembangan pemuliaan tanaman hutan.

“BBPSIK melakukan pengelolaan KHDTK Playen Gunungkidul sesuai dengan prinsip, kriteria dan indikator pengelolaan kawasan hutan dengan tujuan khusus secara lestari yang tercantum dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) 8513:2018,” terangnya.

   

Tim KHDTK Universitas Diponegoro selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, yang dipimpin oleh  Prof. Sri Puryono mengunjungi beberapa plot tanaman yaitu plot pertanaman Acacia auriculiformis dan plot pertanaman aren. Beberapa hal yang didiskusikan antara lain :

– KHDTK Playen Gunungkidul memiliki luas 93 hektar, hal ini hampir sama dengan KHDTK Universitas Diponegoro yang memiliki luas sekitar 100 hektar lebih sedikit,

– Karakteristik tanah maupun cuaca setempat,

– Personil/petugas lapangan yang saat ini mengelola KHDTK,

– Fasilitas-fasilitas pendukung yang tersedia di KHDTK,

– Bagaimana petugas melakukan patroli/pengamanan lokasi KHDTK,

– Klausul-klausul yang mengatur kerjasama antara para petani penggarap/pesanggem dengan pemangku KHDTK dalam hal ini BBPSIK.

Kelompok kedua melaksanakan diskusi bersama petugas lapangan, Sunaryanta. Tim berdiskusi tentang pola petani penggarap di KHDTK. Sunaryanta menjelaskan bahwa petani menggarap lahan yang ada di sela-sela tanaman pokok. Lahan tersebut ditanami dengan palawija. Hasil panenan tanaman palawija ini seluruhnya dimanfaatkan/diambil oleh petani. Namun sebagai imbal baliknya petani wajib untuk ikut memelihara tanaman pokoknya.

Untuk tanaman KHDTK sementara ini baru kayuputih, bagi hasil antara petani dengan kantor/koperasi adalah 60:40, petani memperoleh 60%, sedangkan 40% untuk kantor/koperasi.

Kegiatan kaji banding ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi kedua belah pihak. Selain itu, peningkatan kualitas pengelolaan KHDTK dapat ditingkatkan.

Penyaji : M. Nurdin Asfandi

Editor : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *