Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

BERHARAP KELAK LAHIR AHLI DI BIDANG KEHUTANAN DARI INSTITUSINYA, SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING OUTING CLASS KE BBPSIK

BERHARAP KELAK LAHIR AHLI DI BIDANG KEHUTANAN DARI INSTITUSINYA, SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING OUTING CLASS KE BBPSIK

BBPSIK Jogja – SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring untuk kedua kalinya melakukan kegiatan outing class ke BBPSIK. “Sebuah anugerah yang besar pada hari ini kita dapat melakukan pembelajaran di kantor ini, semoga kelak dari sekolah kita lahir ahli-ahli yang bergerak di bidang kehutanan,” ungkap Sumarwan, S.Pd, saat memberikan sambutan di BBPSIK, Kamis (05/10/23).

“Harapannya deforestasi bisa dicegah supaya ekosistem hutan yang membentuk iklim di Indonesia ini bisa terjaga dengan baik, karena terkait isu perubahan iklim Indonesia penting bagi dunia,” imbuhnya.

Ia mempersilahkan anak didiknya untuk menggali sebanyak mungkin hal-hal yang perlu diketahui, baik itu terkait dengan pelajaran tentang sumber daya alam (IPS), dan terkait dengan kultur jaringan & vegetasi (IPA).

       

“Sebagai informasi bahwa beberapa siswa kami yang dahulu berkunjung ke BBPSIK (saat itu masih BBPPBPTH) telah menjadi mahasiswa kehutanan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian Standar Instrumen (PVMVPSI) BBPSIK, Khuswantoro Akhadi, S.Hut.,M.A.P. mengucapkan terima kasih atas kepercayaan SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring kepada BBPSIK sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan outing class dalam rangka pembelajaran kurikulum merdeka. “Kami informasikan bahwa kantor BBPSIK merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Khuswantoro.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa hutan adalah sekumpulan pepohonan ataupun tumbuhan yang membentuk ekosistem ataupun iklim mikro setempat. Fungsi hutan sebagai sumber kehidupan penyangga tata air, tempat hidup satwa, penyedia oksigen, menyimpan karbon, dll.

Menurut informasi luas hutan di Indonesia sekitar 125 juta hektar, atau sekitar 60% luas daratan yang ada di Indonesia. Luas tersebut bisa saja lebih, bila ditambah dengan hutan rakyat, hutan yang ada di pekarangan-pekarangan atau kebun/ladang.

       

“BBPSIK diberikan tugas untuk menyiapkan standar dan instrumen terkait dengan bagaimana cara mengelola hutan yang baik, cara mengelola hutan agar tetap lestari. Kami berharap kepada adik-adik semua untuk selalu ikut serta dalam menjaga atau merawat hutan yang ada. Kondisi hutan yang rusak akan memberikan efek yang sangat luar biasa,” harapnya.

Khuswantoro juga memberikan gambaran bahwa pendamping nanti akan menjelaskan sebagian kecil terkait kehutanan. Hutan menghasilkan banyak produk seperti: kayu, Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan jasa lingkungan. HHBK contohnya rotan, madu, getah pinus dll. Jasa lingkungan seperti hutan-hutan wisata/taman kyai langgeng/RTH Gunung Tidar.

Pada kunjungan yang dilaksanakan pagi hingga siang ini, SMP Muhammadiyah Gunungpring membawa sebanyak 214 siswa/siswi kelas 7 dan 8 (angkatan 16 dan 17), dengan 18 orang guru pendamping. Peserta dibagi menjadi sepuluh kelompok.

       

Para pendamping dari fungsional teknis BBPSIK yang bertugas menemani siswa/siswi kali ini adalah:

  1. Hamdan Adma Adinugraha, S.Hut., M.Sc. (Pengenalan pohon Mahoni)
  2. Ir. Ari Fiani, M.Sc. (Pengenalan pohon kayu Kuku)
  3. Mohamad Anis Fauzi, S.Hut., M.Sc. (Pengenalan pohon/stek Jati)
  4. Fithry Ardhany, S.Hut., M.Sc. (Kultur Jaringan)
  5. Maman Sulaeman, S.Hut. (HHBK Madu)
  6. Lukman Hakim, S.Hut., M.P. (Mading dan Ekowisata)
  7. Prastyono, S.Hut., M.Sc. (Pengenalan pohon Kayuputih)
  8. Arif Setiawan, S.Hut. (Pengenalan pohon Cendana)
  9. Suryani Garjitowati, S.Hut, M.Sc., Tri Maria H.,S.Hut & Arif P.,S.Hut. (Pengenalan pohon Nyamplung)
  10. Esti Rini Satiti, S.Hut. (Pengenalan kayu majemuk)

Untuk menambah semangat peserta outing class juga disediakan beberapa doorprize bagi siswa/siswi yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh MC.

Penyaji              : M. Nurdin Asfandi

Editor                : Rinto Hidayat

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email             : bbpsikjogja@gmail.com

Website         : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram      : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook       : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter           : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube         : https://www.youtube.com/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *