Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

PEMBAHASAN RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN BBPSIK HARI PERTAMA

PEMBAHASAN RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN BBPSIK HARI PERTAMA

BBPSIK Jogja – Pembahasan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) BBPSIK dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara daring melalui media zoom, dan luring di ruang rapat Cendana selama dua hari  Rabu dan Kamis, 7 – 8 Juni 2023. 

Acara yang dibuka oleh Kepala Bagian Umum Henri Supriyanto ini dihadiri oleh pejabat struktural dan seluruh Ketua Tim Kerja serta Tim Pelaksana kegiatan BBPSIK. Hadir secara virtual peserta dari Pusat Standardisasi Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (PUSTANDPI) serta dari Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaan Hutan Berkelanjutan (PUSTARHUT).

“Acara pembahasan RPK ini dalam rangka mendapatkan masukan terkait rencana kegiatan validasi standar form Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL),  terutama dari PUSTANDPI serta dari PUSTARHUT,” jelas kepala BBPSIK Dwi Prabowo Y. S.

Pada hari pertama ini presentasi dibagi dalam dua sesi, sesi pagi tampil enam ketua tim kerja dengan judul RPK sebagai berikut: Validasi standar form UKL UPL wisata arung jeram; Validasi rancangan standar menara pantau api untuk mendeteksi kebakaran hutan dan lahan; Validasi standar form UKL UPL penangkaran tumbuhan dan satwa liar; Validasi Standar hasil hutan, jasling dan keanekaragaman hayati di KHDTK Rarung; Validasi standar penurunan emisi dengan metode silvikultur intensif; Validasi standar form UKL-UPL penyedia jasa lingkungan.

Pada sesi siang tampil enam presenter untuk mempresentasikan judul RPK terkait pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) sebagai berikut : Validasi standar pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di KHDTK Playen Gunungkidul; Validasi standar pemanfaatan HHBK pangan di  KHDTK Watusipat Gunungkidul; Validasi standar jasa wisata  alam di KHDTK Sumberwringin; Validasi standar jasa wisata alam di KHDTK Kaliurang; Validasi standar penyediaan benih di KHDTK Wonogiri serta Validasi standar penyediaan benih di KHDTK Padekanmalang Situbondo.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat oleh Kepala BBPSIK kepada lima orang pegawai. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada pegawai atas pencapaian kinerja sampai pada jenjang kenaikan pangkat yang diraihnya.

Penulis : Endang DL.

Editor : Rinto H.

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email : bbpsikjogja@gmail.com

Website : http://172.16.3.237/

Instagram : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *