Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

MENINGKATAN PERAN PRAMUKA DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN YANG LEBIH BAIK

MENINGKATAN PERAN PRAMUKA DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN YANG LEBIH BAIK

BBPSIK Jogja – BBPSIK sebagai UPT pembina Saka Wanabakti di tingkat Kwarcab mendukung penuh Kwarda Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta. Menindaklanjuti hasil pertemuan antar UPT KLHK lingkup DIY di Kantor P3EJ sebagai Korwil, BBPSIK mendukung kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Jawa Tahun 2023. Bentuk dukungan BBPSIK adalah membantu memberangkatan 3 calon peserta berasal dari SMAN 1 Banguntapan, SMAN 1 Sanden, SMAN 1 Imogiri Bantul dan 1 Pegawai BBPSIK sebagai Pendamping (Pamong Saka). Kwarda DIY secara keseluruhan mengirimkan kontingen daerah sebanyak 37 orang, yang terdiri atas 2 Pimpinan Kontengen Daerah, 2 Pimpinan Pendamping, 1 Pamong Saka dan 32 peserta.

Pertikawan Regional Jawa tahun 2023 ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Mashudi Kiarapayung Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, selama 5 (lima) hari dari 8 s.d. 12 Desember 2023 yang bertepatan dengan momentum sejarah tanggal 5 Desember sebagai lahirnya Saka Kalpataru yang berusia 10 tahun dan tanggal 19 Desember Sebagai lahirnya Saka Wanabakti yang berusia 40 tahun.

Pertikawan Regional Jawa Tahun 2023 resmi dibuka oleh Ketua Umum Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Tingkat Nasional oleh Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM pada Sabtu, 9 Desember 2023. Acara ini diikuti oleh 716 orang yang terdiri atas 620 peserta, 60 pendamping, 36 pimpinan kontingen, perutusan dari Banten, Jawa barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tenga, DI Yogyakarta, dan 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya Kak Bambang menyampaikan bahwa Pertikawan Regional Jawa tahun 2023 sebagai wadah dalam mengedukasi dan meningkatan peranan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Regional Jawa dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan yang lebih baik.

Ketua Pinsaka Kalpataru dan Saka Wanabakti Tingkat Nasional tersebut juga menghimbau seluruh jajarannya untuk melakukan kegiatan bakti di lingkungan masing- masing, pemilahan sampah, penanaman pohon, bersih lingkungan, hemat energi, serta mengunggah ke media sosial sebagai public campaign, dimana bulan Desember adalah bulan bakti bagi Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti. Kak Bambang juga mengingatkan terkait krida-krida pada Saka Kalpataru dan Saka Wababakti yang erat kaitannya dengan aksi-aksi nyata yang dapat dilakukan bersama masyarakat.

Kontributor: Miyanto

Editor        : RH

 

Lihat juga: https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : https://jogja.bsilhk.menlhk.go.id/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            : http://youtube.com/c/BBPSIKJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *