Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

DISKUSI DRAF STANDAR PEP RESTORASI HUTAN TROPIKA UNTUK PEMBANGUNAN RENDAH KARBON BERBASIS TEKNOLOGI

DISKUSI DRAF STANDAR PEP RESTORASI HUTAN TROPIKA UNTUK PEMBANGUNAN RENDAH KARBON BERBASIS TEKNOLOGI

BBPSIK Jogja – Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) melaksanakan pendampingan sekaligus diskusi bersama Pusat Sandardisasi Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (PUSTANDPI)-BSILHK. Acara dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 30-31 Agustus 2023 dengan tema “Draf Standar Pemantauan evaluasi pelaporan (PEP) Restorasi Hutan Tropika untuk Pembangunan Rendah Karbon Berbasis Teknologi”.

Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2023 PUSTANDPI menyusun draf standar tersebut dengan melibatkan berbagai pihak mulai tim perumus, para ahli dan pengguna serta pihak terkait. BBPSIK sesuai Permen LHK no 26 tahun 2021 diberikan tugas untuk melaksanakan validasi standar dan instrumen bidang kehutanan.

Tim PUSTANDPI dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perumusan Standar dan Penilaian Kesesuaian Instrumen, Dana Aprianto, S.Hut., M.Sc dan didampingi oleh tim perumus. Pada hari pertama dilaksanakan kunjungan sekaligus diskusi dengan Direktur Wanagama, Dr. Ir. Handojo Hadi Nurjanto, M.Agr.Sc. Diskusi dilaksanakan di Wanagama  Jl. Yogyakarta-Wonosari KM 30 Desa Banaran, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul.

Direktur Wanagama tersebut menyampaikan sharing pengalaman dalam perjalanan pengelolaan Wanagama sejak dibangun sejak tahun 1964 sampai dengan saat ini. ”Perjalanan panjang Wanagama dengan kondisi awal berupa lahan kritis sampai tutupannya hijau. Konsep pelibatan masyarakat dalam membangun Wanagama menjadi salah satu kunci. Pembuatan plot pengamatan diakui belum dilakukan secara intensif namun demikian perubahan kondisi biofisik, keberadaan flora fauna, suksesi alami dan tentunya iklim mikro menjadi penanda yang penting dalam setiap tahapan,” tutur beliau.

Dalam draf standar PEP diharapkan dapat menjadi pedoman yang mendukung tercapainya konsep forest city yang berprinsip pada pembangunan rendah karbon serta memanfaatkan teknologi dan terintegrasi dengan teknologi dan system informasi. Dengan demikian, informasi yang diperoleh adalah informasi yang akurat, aktual dan informatif sehingga memudahkan pengguna dalam mengukur keberhasilan dan melakukan aksi korektif sehingga tujuan restorasi hutan tropika di wilayah IKN dapat tercapai.

Dalam melakukan pemantauan dibagi menjadi 5 aspek (biofisik, vegetatif, climate impact, biodiversitas, dan Jasa Lingkungan) yang kemudian ditetapkan menjadi 18 variabel.

Pada hari kedua, Kamis (31/08/2023) bertempat di ruang rapat Ekaliptus kantor BBPSIK dilanjutkan diskusi  dengan menghadirkan tim BBPSIK yang terlibat dalam proses validasi pembangunan hutan tropika basah pada tahun 2022. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian Kesesuaian Standar Instrumen BBSPIK, Khuswantoro Akhadi, S.Hut., M.A.P.

Beberapa catatan masukan seperti pentingnya penajaman terkait penilaian indikator komposisi jenis dengan menambahkan keterangan jenis asli, istilah definisi, pengamatan meso fauna, dekomposer, tutupan tajuk. Selain itu ditambahkan juga pengamatan bio indikator dan juga erosi atau run off yang terjadi. Bu Mirna selaku tim perumus mengucapkan terima kasih atas masukan/catatan dari tim BBPSIK tersebut diatas oleh tim PUSTANDPI akan didiskusikan kembali dengan tim ahli untuk penyempurnaan standar yang disusun.

Standar yang disusun ini untuk memudahkan pengguna/user dalam melaksanakan pemantauan, baik jangka pendek, menengah maupun panjang.  Standar ini juga diharapkan mampu memudahkan pengguna untuk melaporkan proses pembangunan hutan tropika basah karena akan menggunakan teknologi berbasis web.

Ibarat siklus proses, PUSTANDPI merupakan dapur untuk memasak dan menyediakan standar. BBPSIK merupakan ”tukang icip-icip” untuk memastikan masakan itu enak, pas bumbu dan rasanya, penyajiannya bagus sehingga standar tersebut mempunyai nilai keberterimaan dan manfaat yang tinggi dari pengguna.

#Salam Validasi

Kontributor       : Dwi Kartika & Khuswantoro Akhadi

Penyaji             : Maya R.

Editor               : Rinto H.

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website : http://172.16.3.237/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *