Jl. Palagan Tentara Pelajar, km.15 Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582
Phone 0274-895954, Fax 0274-896080
bbpsikjogja@menlhk.go.id

DISKUSI LANJUTAN PENYUSUNAN SOP DUA BALAI BESAR

DISKUSI LANJUTAN PENYUSUNAN SOP DUA BALAI BESAR

BBPSIK Jogja – BBPSIK dan BBPSILH kembali menggelar diskusi lanjutan terkait Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Balai Besar lingkup BSILHK pada hari Senin (30/01/2023). Pertemuan sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 12-13 Januari 2023.

Sebelum memulai diskusi Kepala BBPSIK, Dwi Prabowo YS., S.Si,M.Sc,Ph.D, dalam arahannya menyampaikan acara kali ini akan melanjutkan agenda dari rapat sebelumnya. “Kita telah berkumpul secara faktual membicarakan hal-hal yang perlu kita sepakati, sebagai institusi yang mengawal standardisasi menjadi aneh kalau kita bekerja tidak berdasarkan standar,” ujar Dwi Prabowo.

“Untuk itu kita mencoba melangkah, hal ini sebagai ikhtiar kita agar ke depan dalam kita bekerja menjadi lebih terstandar, hal-hal yang kita lakukan jelas terukur, target-target yang menjadi tujuan kita juga terumuskan dengan jelas,” tegasnya.

Hasil pertemuan ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan ke Sekretariat BSILHK supaya nanti bisa ditetapkan sebagai SOP yang resmi.

Terkait dengan berbagai hal yang akan dibahas, pada intinya baik BBPSIK maupun BBPSILH memerlukan kesepakatan atau konsensus terkait dengan apa saja yang akan dilakukan, dan juga mengatasi hal-hal yang tidak pasti terkait tugas pokok dan fungsi dalam konteks pengujian dan validasi.

BBPSIK Jogja melingkupi bidang kehutanan, sedangkan BBPSILH adalah bidang lingkungan hidup, walaupun mungkin nanti akan ada sedikit perbedaan, tapi harapannya secara benang merah atau secara prinsip hal-hal yang akan dikerjakan lebih kurang sama.

Diskusi pada pertemuan lanjutan ini membahas beberapa SOP, yaitu: 1) Validasi rancangan standar, 2) Validasi rancangan metode verifikasi kesesuaian, 3) Pelaksanaan pengujian penilaian kesesuaian standar instrumen dan 4) Penyusunan rekomendasi tindakan korektif.

Seluruh pejabat struktural BBPSIK, para ketua tim program, anggaran dan data informasi serta pejabat fungsional lingkup BBPSIK Hadir secara luring, sedangkan dari BBPSILH hadir secara daring.

“Sebagaimana yang menjadi tujuan kita ke depan, kita sudah punya panduan yang pasti dan kita bisa melaksanakan kegiatan lebih terarah, dan harapannya draft ini bisa segera kita finalkan dalam satu atau dua pertemuan lagi supaya lebih konkrit”, pungkas Kababes diakhir acara.

 

Baca juga: DI JOGJA, 2 BABES BSILHK LAKUKAN FGD SOP dan MENUJU SEBUAH KESEPAKATAN DUA BALAI BESAR BSILHK

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080

 

Email                : bbpsikjogja@gmail.com

Website            : http://172.16.3.237/

Instagram         : https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          : https://www.facebook.com/bbpsikjogja/

Twitter             : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            : http://youtube.com/c/BiotiforJogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *